Seorang pekerja sedang memberi minum jamu ternak fermentasi EM4 di Kambing Central Tegal Slawi, KabupatenTegal, Jawa Tengah.

Untuk mampu menghasilkan ternak kambing yang berkualitas, membutuhkan probiotik Effective Microorganisms 4 (EM4) peternakan, salah satu dari empat jenis EM4 produksi PT Songgolangit Persada.

Manfaat EM4 peternakan bagi ternak kambing tidak diragukan lagi. Kambing tumbuh sehat dengan probiotik akan memiliki tubuh yang besar dan dagingnya banyak. Hal itu berkat sistem pencernaan kambing dalam kondisi prima.

Kandungan bakteri EM4 mampu menyeimbangkan mikroorganisme dalam perut ternak, sehingga kinerja sistem pencernaan kambing terpelihara dengan baik. Ketika tubuh menyerap gizi dengan sempurna, maka kambing akan tumbuh besar dengan banyak daging. Kambing sehat, makan lebih banyak. Kemudian, mereka tumbuh sesuai harapan.

Cara Penggunaan EM4 Peternakan

Bagaimana cara menggunakan EM4 peternakan untuk ternak kambing, sapi, atau hewan peliharaan lainnya. Tentu tergantung pada jenis hewan ternak peliharaan itu sendiri. Takarannya disesuaikan dengan jumlah pakan dan jumlah hewan ternak yang dipelihara.

EM4 untuk minum ternak kambing: untuk minuman kambing, siapkan 1 liter air dan tambahkan 1 cc EM4. Tidak ada teknis khusus dalam hal ini. Berikan air minum setiap hari secara rutin. Jika cuaca panas, pemberian air harus lebih sering agar kambing tidak dehidrasi.

Jika sudah menggunakan EM4, jangan ditambah antibiotik. Hal itu untuk menjaga bakteri pada EM4 tetap hidup bersama air minum. Bersihkan tempat minum kambing setiap hari agar tidak ada virus atau bakteri jahat yang menempel. Minuman yang sehat akan membuat pencernaan kambing jadi sehat.

EM4 untuk Pakan Kambing: Pada campuran pakan, 1 liter air dengan 1 cc EM4. Lalu, semprotkan pada daun-daun atau rumput yang akan dimakan kambing. Dengan begini, kambing akan mengonsumsi makanan yang sudah mengandung bakteri dari genus Lactobasilus, tanpa bakteri berbahaya.

Selain itu, kita bisa membuat bokashi pakan ternak juga. Siapkan bahan untuk membuat 1 ton EM bokashi. Kita akan membutuhkan 800 kg pupuk kandang ayam, 150 kg pupuk kandang kambing, 50 kg dedak, 1 liter EM4, 1 liter molase atau cairan gula, dan air 1 liter. Campurkan semua bahan, aduk rata hingga kadar air berkurang. Masukkan dalam karung dan tutup rapat sampai satu minggu lamanya. Jaga suhu selama fermentasi agar tidak melebihi 50 derajat Celsius. Kalau cuaca terlalu panas, buka karung lalu aduk-aduk adonan bokashi.

Jika sudah jadi, campurkan EM bokashi dengan dedak, jagung, dan konsentrat perbandingannya 10 bagian dedak, 2 bagian jagung, dan 2 bagian konsentrat.
EM4 untuk Kandang Kambing: salah satu cara penggunaan EM4 untuk peternakan juga bisa untuk pembersihan kandang. Jika ingin membersihkan kandang atau menjaga lingkungan tempat kambing tumbuh, gunakan EM4, molase, dan air. Perbandingannya 1:1:100. Biarkan dahulu sampai dua hari agar terjadi fermentasi. Kemudian, semprotkan pada kandang dengan dosis 1 sampa 2 liter untuk 1 meter persegi luas kandang.

Habiskan fermentasi ini untuk menyemprot kandang dalam waktu 3 bulan.
Gunakan EM4 dalam bentuk bokashi pada alas tempat tidur kambing. Sehingga, kambing akan tidur dalam keadaan hangat. Tambahkan juga jerami dan serbuk gergaji bila perlu. Penggunaan bokashi akan menjaga tubuh kambing dan menetralkan baunya.

Penggunaan EM4 pada kandang mampu membantu mengurangi stres kambing. Sebab penciuman kambing tidak lagi mendapati bau-bau menyengat dari limbahnya sendiri. Kambing jadi lebih rileks dan menikmati masa pertumbuhannya dengan baik.

EM4 untuk Silase Kambing. Apa itu silase? Saat musim kemarau, persediaan pakan biasanya menipis. Hal itu akibat jumlah rumput liar berkurang lantaran banyak yang mati. Air hujan yang kurang membuat tanaman dan rerumputan menjadi kering. Hewan ternak berkaki empat seperti sapi dan kambing diberi larutan silase agar cukup gizi.

Bagaimana cara membuat silase? Peternak perlu mengumpulkan rumput, jerami, pohon jagung atau tumbuhan pakan lain yang sudah kering. Potong kecil-kecil dan letakkan dalam wadah seperti drum atau bak. Taburi dedak halus. Untuk cara penggunaan EM4 untuk peternakan ini cukup tambahkan pada menu makan tersebut. Padatkan, lalu tutup, dan biarkan sampai lima hari agar terjadi proses fermentasi. Inilah yang disebut dengan silase, nilai gizinya lebih tinggi setelah difermentasi.

Pakan ini bisa diberikan kepada kambing selama musim kemarau guna mencukupi kebutuhan gizi kambing. Biasanya produksi susu kambing akan menurun karena musim panas. Sehingga para peternak kurang dapat memenuhi permintaan susu kambing dari konsumen. Akan lebih baik jika kita mencampur makanan kambing dengan EM4.

Selain itu, buat juga silase untuk kambing. Kambing yang makan silase menghasilkan susu lebih banyak. Hal ini berkat kandungan protein pada makanan yang dicampur EM4 mencukupi nutrisi kambing. Sehingga, kambing bisa memproduksi susu yang banyak. Meski susu tersebut diberikan kepada anak-anak kambing, jumlahnya tetap besar untuk kemudian dijual.

Nafsu Makan Meningkat: tubuh kambing juga tidak akan kurus, karena ternak-ternak itu makan dengan lahap karena sistem pencernaannya baik, serta cukup nutrisi meski sedang musim kemarau panjang. Alhasil, kambing pun memberikan manfaat bagi para peternak kambing untuk menambah penghasilan.

Dalam hal ini peternak kambing diuntungkan dari banyak sisi. Mereka dapat menjual kambing peharaannya, menjual daging kambing, atau menjual susu kambing. Jadi, tak ada yang perlu diragukan lagi dalam penggunaan EM4 pada peternakan kambing.

EM4 bekerja mendukung kambing dari dalam dan luar. Tujuannya agar pertumbuhan ternak kambing optimal dan produksi susu meningkat. Jika pedagang kambing ingin menjual kambing yang gemuk dan sehat, mereka harus merawat kambingnya dengan baik.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini