Penambahan EM4 dalam dedak padi dapat meningkatkan nutrisi dan menambah daya simpan yang lebih lama.

Cara mudah untuk melakukan fermentasi dedak dengan sentuhan Effective Microorganisme 4 (EM4) guna meningkatkan pertumbuhan ternak peliharaan secara optimal, dibutuhkan dedak yang berkualitas dan mengandung gizi yang tinggi.

Oleh sebab itu perlu adanya bioteknologi fermentasi yang bisa menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas dedak. Hal ini bisa diwujudkan dengan proses fermentasi menggunakan Effective Microorganisme 4 (EM4), berupa cairan berwarna coklat kekuning-kuningan yang terbentuk melalui bahan-bahan organik dan campuran mikroorganisme hidup dalam kemasan botol satu liter, seperti yang dikutif dari website kerjaayam.com.

Fermentasi EM4 dapat bermanfaat untuk proses penguraian yang hasilnya jelas menguntungkan untuk peternak. Aroma cairan EM4 sangatdisukai oleh ternak, khususnya ayam. Hal ini bisa menjadikan nafsu makan dan minum ayam menjadi lebih meningkat.

Untuk melakukan fermentasi dedak perlu melakukan persiapan yakni ember berisi air, kemudian masukkan cairan EM4 sebanyak 1-2 cc per 1 sampai 1,5 liter air. Kemudian masukkan tetes tebu atau jika tidak ada bias diganti dengan gula pasir. Aduk semua bahan tersebut hingga merata.

Perhatikan, jangan sampai terlalu basah, usahakan kadar air dalam dedak hanya 20-40% saja. Setelah diaduk merata, kemudian masukkan dedak dan padatkan di dalam gentong. Tutup gendong lalu diamkan selama 4-5 hari. Maka dedak fermentasi EM4 siap dipakai untuk pakan ternak.

Selain dicampurkan untuk pakan ternak, EM4 juga bisa dimanfaatkan untuk dicampurkan pada air minum ternak, caranya dengan mencampurkan 1-2 cm cairan EM4 dengan 1 sampai 1,5 liter air.

Pemberian air minum dengan EM4 juga bisa menjaga serta meningkatkan kesehatan ternak. Dengan konsumsi pakan yang telah difermentasi dengan EM4, bau kotoran ayam tidak terlalu menyengat. Fermentasi EM4 juga bisa dipakai untuk kebersihan sanitasi kandang ayam. Semoga bermanfaat dan jangan lupa selalu memberikan perawatan terbaik terhadap hewan peliharaan tidak terkecuali itu ayam.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini