Rizali Anshar: Gulma Air Sentuhan EM Suburkan Tanah

0
260
Penyuluh Pertanian di Kalimantan Selatan Rizali Anshar, SST. MM saat menyampaikan materi dalam webinar bertajuk “Tanaman Subur dan Lebat Tanpa Boros Biaya” melalui aplikasi zoom.

Gulma air, limbah pertanian dan sampah organik lainnya dapat difermentasi menjadi pupuk organik padat dengan sentuhan Effective Microorganisme 4 (EM4).

“Gulma air menurut hasil penelitian mengandung nitrogen yang luar biasa untuk menyuburkan tanah serta tanaman yang ada di atasnya,”kata Pembicara tunggal Rizali Anshar, SST. MM, pada Webinar mengusung tema “Tanaman Subur dan Lebat Tanpa Boros Biaya” melibatkan ratusan peserta sahabat tani lintas nusantara.

Rizali Anshar, SST. MM merupakan seorang penyuluh pertanian lapangan (PPL) di Kalimantan Selatan, sekaligus pemilik channel youtube Penyuluh Pertanian Lapangan.

PT Songgolangit Persada, agen tunggal yang memproduksi dan menjual EM4 pertanian, EM4 Perikanan, EM4 Peternakan dan EM4 limbah ke seluruh daerah di Indonesia yang mendapat lisensi dari EMRO Jepang, dalam Webinar kali ini berkolaborasi dengan Rizali Anshar.

Rizali Anshar menjelaskan, gulma air yang tumbuh di persawahan pada saat tanaman padi masih kecil belum banyak petani dan masyarakat mengetahui manfaatnya. Gulma air dikumpulkan bersama jerami dan limbah pertanian lainnya untuk difermentasi menjadi pupuk organik padat sentuhan EM4.

Pupuk organik yang ada unsur gulma air memiliki nutrisi yang dapat menyediakan unsur hara untuk tanaman, sekaligus memperbiki sifat fisik tanah menjadi lebih gembur. Microorganisme yang berkembang dapat menyuburkan tanah secara permanen. https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini