Yoga Shala Villa IPSA Siap Sebagai Tempat Berlatih

0
115
Sejumlah peserta yoga melakukan foto bersama usai melakukan yoga semberani di Villa IPSA di Desa Bengkel, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng.

Oleh: Gede Ngurah Wididana *)

Hanya membutuhkan waktu 35 hari, pembangunan Yoga Shala di Villa IPSA Desa Bengkel, Busungbiu, Kabupaten Buleleng siap diselesaikan. Ibarat pemain sulap, tim kerja Pak Oles bekerja giat, fokus untuk membangun Yoga Shala tempat berlatih yoga.

Bangunan di atas lantai atap villa, berukuran 10x 20 meter, berlantai keramik, beratap baja ringan dengan aksen bangunan wantilan Bali selesai di bangun.

Yoga shala tersebut bisa menampung 80 orang untuk berlatih yoga bersama dan 100 orang untuk mengikiti kelas. Yoga shala dibangun untulk mengantisipasi cuaca hujan, dengan bangunan beratap agar peserta latihan tidak kehujanan.

Di bagian bawah bangunan ada kebun bunga munggil yang mengelilingi bangunan kayu semacam pondok sederhana untuk tujuan melakukan meditasi, berukuran 5 meter x 20 meter.

Pondok itu diberi nama pondok Yoga Semberani. Di Villa IPSA dilakukan latihan yoga bersama pada setiap hari sabtu pagi. Yoga Semberani diajarkan oleh Pak Oles dengan gerakan dan pernafasan semberani untuk tujuan meningkatkan keseimbangan dan keberanian diri. Yoga semberani yang diajarkan secara khusus untuk karyawan Pak Oles sejak tahun 2000 dan sekarang mulai diajarkan untuk umum.

Perkumpulan yoga semberani juga mengajarkan yoga Hatha sebagai induk ajaran yoga dan yoga bikram (yoga panas) untuk tujuan kesehatan dan kelenturan tubuh dengan cepat. Guru yoga Ian Terry juga mengajar yoga kepada anggota yoga, khususnya untuk pelatihan kepada guru (Yoga Teacher Training).

Program yoga di villa Ipsa dilakukan secara berkala dengan membuka kelas kelas yoga dan yoga festival. Guru-guru yoga diundang ke Villa IPSA untuk memberikan pengalaman dan pengetahuannya kepada peserta kelas Yoga.

Yoga festival dilakukan tiga kali setahun, yaitu pada bulan April, Juli dan November. Yoga festival dilakukan selama dua hari dengan melakukan yoga bersama, mengundang guru yoga, serta mengikuti kelas-kelas yoga.

Villa IPSA telah memiliki tiga ruangan yoga yang mampu menampung peserta 30 sampai 60 orang, serta tempat yoga bersama di ruangan terbuka dengan kapasitas 200 orang.

Uji coba melakukan yoga bersama dilakukan di Villa Ipsa dalam acara International Yoga Event pada November 2022 dan sukses diikuti oleh 300 peserta, dan peserta dari berbagai negara yang disponsori oleh Yoga Fx Bikram dan Villa IPSA.

Dengan keberhasilan tersebut, Ian Terry membuat kelas Yoga Teacher Training (YTT) 25 jam untuk orang lokal di Villa IPSA dengan biaya gratis, serta mengundang peserta pelatihan peserta YTT 200 jam pada awal Februari 2023.

Pak Oles menyambut tawaran program YTT yoga Fx Bikram di Villa IPSA dengan mempersiapkan sarana latihan dan jadwal kunjungan serta aktivitas peserta selama di Villa IPSA.

Villa IPSA yang berlokasi di Buleleng memiliki produk unggulan baru berupa kelas yoga berkualitas internasional yang didukung oleh keindahan alam pedesaan dan pegunungan dengan suasana sejuk dan alami.

Pemandian air panas dan Brahma Vihara di Desa Banjar juga menjadi tempat kunjungan untuk spiritual dan relaksasi bagi peserta pelatihan yoga.

*) Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup dan Instruktur yoga internasional.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini