Pemberian Probiotik Dicampurkan Pakan Ikan

0
84
Koenjoro Adijanto menunjukkan pakan ikan yang difermentasi dengan produk EM4.

Pemberian probiotik ikan dapat dicampurkan kedalam pakan dan aplikasi ke kolam atau tambak sehingga ikan, udang piharaannya  tumbuh menjadi lebih sehat dan cepat besar.

“Probiotik Effective Microorganisms 4 (EM4) merupakan mikroba yang menguntungkan bagi kehidupan ikan,” kata Manajer Pak Oles Green School, Ir.Koentjoro Adijanto yang akrab disapa Pak Yoyok.

Ia mengatakan, EM4 pada pakan ikan adalah memanfaatkan kemampuan mikroba dalam meningkatkan penyerapan pada saluran pencernaan ikan.

Keberadaan probiotik di dalam usus inang pada permukaan usus maupun di dalam lumen berperan sebagai pelindung (barier) terhadap proliferasi (pertumbuhan) patogen .

Upaya itu melalui mekanisme produksi senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan patogen dan meningkatkan imunitas tubuh ikan.

Pak Yoyok menjelaskan, EM4 Perikanan dan Tambak dapat mengelola kualitas air, sehingga ikan dapat tumbuh sehat dan berkembang optimal dalam air.

Bakteri baik tersebut juga berfungsi sebagai penurun kadar zat-zat yang membahayakan pada ikan dan merombak bahan organik.

Jika dihitung secara ekonomi, penggunaan probiotik sangat menguntungkan dengan hasil ikan dan udang yang melimpah. EM4 pelopor probiotik untuk perikanan dan tambak. https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini