Keterkaitan Mikrobioma-Pakan Fermentasi

0
92
EM4 Perikanan berguna untuk memfermentasi sisa pakan, kotoran di dasar kolam dan menguraikan gas-gas amoniak, metan dan hydrogen sulfida.

Mikrobioma adalah seluruh jenis mikroba yang hidup di dalam tubuh manusia, hewan dan tumbuhan, terdiri atas bakteri, archae, virus dan jamur.

“Pembudidaya ikan masih menghadapi masalah tingginya harga pakan dan memerlukan konsistensi pasokan pakan,” kata Manajer Pak Oles Green School Jalan Waribang, Kesiman, Denpasar Timur, Ir. Koentjoro Adijanto.

Ia mengatakan, biaya pakan ikan dan udang mencapai 70% dari total biaya produksi budidaya. Untuk menekan biaya produksi budidaya alternatif  dengan  memanfaatkan pakan bahan nabati dan bahan baku hewani yang difermentasi, sehingga layak digunakan sebagai pengganti tepung ikan.

Proses fermentasi dapat meningkatkan ketersediaan vitamin, kelarutan protein, memperbaiki produk asam amino serta meningkatkan derajat kesukaan pakan yang diberikan terhadap  ikan.

Pemberian probiotik komersial EM4 Perikanan dan Tambak pada pakan ikan memberikan keragaman mikroba pada ikan yang mampu mengkondisikan jumlah dan ragam mikroba baik (probiotik) yang menghuni saluran pencernaannya.

Koentjoro Adijanto yang akrab disapa Pak Yoyok menjelaskan, keadaan ini mampu menekan pertumbuhan patogen yang merugikan ikan, mampu mengurangi atau menyerap senyawa racun di dalam saluran pencernaan.

Dengan demikian dapat meningkatkan daya tahan tubuh ikan, sekaligus berpengaruh  terhadap  meningkatkan produktivitas usaha budidaya ikan dan udang, ujar Pak Yoyok. EM4 pelopor probiotik untuk perikanan dan tambak.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini