EM4-Pupuk Bokashi Suburkan Dan Tingkatkan Pertumbuhan Tanaman

0
168
Koentjoro Adijanto menunjukkan tanaman terong yang tumbuh subur berkat aplikasi EM4 san pupuk organik bokashi.

Semua jenis tanaman dan pepohonan akan tumbuh subur, jika unsur hara yang dibutuhkan tersedia dalam jumlah yang memadai. Unsur hara akan tersedia melalui perombakan bahan organic, sehingga dapat menyuburkan tanah dan meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman.

“Pupuk organik bokashi dapat dibuat sendiri dari limbah organik dalam beberapa hari dengan sentuhan EM4 dan dapat langsung digunakan sebagai pupuk yang aman digunakan untuk semua jenis tanaman, atau praktisnya dapat langsung membeli pupuk organik padat Bokashi Kotaku produksi PT Songgolangit Persada unit pabrik Bantas, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan,” kata Manajer Pak Oles Green Sechool, Jalan Waribang Kesiman, Denpasar Timur, Ir. Koentjoro Adijanto.

Ia mengatakan, pupuk bokashi adalah hasil fermentasi bahan organik (jerami, sampah organik, pupuk kandang, sekam padi, dedak, dan lain-lain) dengan bantuan teknologi Effective Microorganisms (EM) yang dapat digunakan sebagai pupuk organik.

Effective Microorganisms 4 (EM4) berfungsi mempercepat proses pembuatan pupuk organik dan meningkatkan kualitas pupuk. Di dalam EM4 terdapat kandungan berbagai mikroorganisme menguntungkan yang akan memfermentasi bahan organik menjadi senyawa organik yang gampang diserap oleh akar tanaman dan semua jenis pepohonan.

Mikroorganisms yang menguntungkan dan senyawa organik lainnya yang terdapat dalam pupuk bokashi dapat meningkatkan keanekaragaman serta aktivitas mikroba dalam tanah sehingga mampu meningkatkan unsur hara dan menunjang pertumbuhan tanaman.
Sejumlah penelitian di Indonesia telah terbukti memiliki dampak menguntungkan dalam menggunakan pupuk bokashi. Pupuk bokashi bisa memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah.

Perbaikan sifat fisik tanah melalui pembentukan struktur dan agregat tanah yang mantap, hal ini berkaitan erat dengan kemampuan tanah dalam infiltrasi air, mengikat air, meningkatkan kapasitas tukar kation, dan pengatur suhu yang berpengaruh baik bagi pertumbuhan serta perkembangan tanaman.

Pupuk bokashi bisa mengaktifkan aktivitas sel-sel jaringan meristematik tanaman sehingga akan menghasilkan anakan produktif yang maksimal. Secara kimia pupuk bokashi berfungsi dalam memberikan sumbangan hara melalui dekomposisi.

Dengan demikian EM4 dan pupuk bokashi dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan tanah sehingga memberikan pertumbuhan dan produksi tanaman yang lebih baik. EM pelopor pertanian organik di Indonesia.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini