Berkat EM Pengolahan Air Limbah Tanpa Endapan

0
82
Pengolahan limbah hotel menggunakan produk EM4 di kawasan Nuda Dua, Badung, Bali.

Oleh: I Gusti Ketut Riksa *)
Teknologi Effective Microorganisms (EM) terdiri atas mikroba zimogenik dan mikroba synthetik. Mikroba zimogenik akan merubah bongkahan-bongkahan bahan organik yang lebih besar menjadi material yang halus, kemudian dapat terlarut dalam air.

Tugas ini sebagian besar diemban oleh kelompok Actinomycetes, karena kelompok mikroba ini mampu mendekomposisi benda-benda keras seperti khitin dan lignin yang tidak termakan oleh bakteri lain.

Oleh sebab itu penumpukan bahan organik selalu dibarengi dengan berlimpahnya Actinomycates. Proses tersebut dapat dikatagorikan sebagai proses awal oksidasi.
Selanjutnya bahan terlarut dalam bentuk polutan seperti H2S, amoniak , methan, merkaptan dan lain-lain disinthesekan. menjadi zat-zat bio aktif seperti glukosa, asam amino, asam nukleat hormun dan lain-lain.

Pekerjaan ini dilakukan oleh bakteri synthetik. Nutrisi ini kemudian terlarut dan hanyut bersama air dan dapat dimanfaatkan oleh mahluk hidup lainnya. Oleh sebab itu pengolahan limbah cair dengan teknologi EM akan menghasilkan produk yang sangat prima.

Bersamaan dengan proses itu terbentuk juga bebagai antioksidan sebagai produk dari mikroba EM. Inilah yang menyebabkan air limbah setelah ditritmen dengan EM kehilangan bau yang menyengat serta secara dramatis menjadi bersih tanpa endapan dan bau busuk.

Untuk mewujudkan lingkungan bersih, agar semua lembaga seperti hotel, restoran, laundry, garmen, industri peternakan serta fasiltas umum lainnya untuk membuat institusi pengolah limbah sebelum limbahnya dibuang keperairan umum. Instalasi ini sederhana saja, dan tidak memerlukan persyaratan husus.

Biasanya instalasi pengolahan limbah ini terdiri dari tiga step yang dibuat secara seri. Demikian juga pengolahan limbah umum (sewage) yang berasal dari air limbah rumah tangga seperti limbah kamar mandi dan limbah-limbah lainnya termasuk cucuran air atap dapat diolah dalam instalasi ini.

Air limbah ini dapat ditritmen berulang-ulang sehingga kita tak akan kekurangan air bersih sebagai air minum, buat sementara produk pengolahan limbah ini dapat digunakan untuk mencuci mobil, pakaian dan peralatan lainnya maupun untuk membasahi pekarangan, kebun dan tegalan.

Cara membuat larutan pengolahan limbah mudah saja yakni sau liter EM dorman dan satu liter molase terlebih dulu diperbanyak dengan air biasa 100 sampai 200 kali dari volume sumula.

Sebaiknya larutan yang terbentuk ini diistirahatkan semalam guna memberi kesempatan menjadi aktif kembali, sesudah itu barulah digunakan untuk mentritmen limbah.
Satu liter campuran ini dapat mendekomposisi sekurang-kurangnya 1000 liter limbah, ulangilah menuangkan campuran ini dengan cara yang sama, 3-4 kali dalam setahun atau berdasarkan keperluan, karena kepekatan limbah tidak selalu sama. Dampak EM dalam instalasi atau sewage baru akan tampak setelah sebulan dari aplikasi awal.

Manfaat lainnya dengan menggunakan air limbah yang ditritmen dengan EM antara lain kandungan BOD limbah tidak lebih dari 5ppm bahkan kurang dari itu, bebas dari E.coli, tembok dapur mudah dibersihkan dari endapan lemak, porselin di dapur menjadi mengkilat bersih dan semua peralatan akan berumur lebih panjang, karena air ini.linktr.ee/pakolescom #EM4

*) Staf Ahli PT Songgolangit Persada.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini