Racikan Jamu Produk Pak Oles Tingkatkan Imun Tubuh

0
50
Lima jenis produk madu dari Industri Obat Tradisional PT. Karya Pak Oles Tokcer yang sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Seorang Guru Besar Universitas Gajah Mada (UGM), Prof.  Dr.  APT. Zulles Ikawati, PH.D menilai, banyak Produk Ramuan Pak Oles yang dibuat dalam bentuk racikan jamu yang bisa dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu untuk meningkatkan imun tubuh.

“Berbagai jenis produk jamu PT Karya Pak Oles Tokcer bisa dimanfaatkan konsumen secara meluas untuk memelihara kesehatan tubuh tetap prima, atau jamu yang diracik sendiri langsung oleh konsumen,” kata Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Prof.  APT. Zulles Ikawati, PH.D dalam kertas kerja “Herbal penjaga Imun Kita” ketika tampil sebagai pembicara pada Webinar Bokashi-Jamu tradisional baru-baru ini.

Prof. Zulles Ikawati di hadapan sekitar 100 peserta kalangan milenial lintas provinsi di Indonesia bersama pembicara tuan rumah Direktur Utama PT Karya Pak Oles Tokcer, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M. Agr dengan moderator  Wibhuti Emriko, B.Sc., M.Sc yang juga ketua panitia webinar tersebut.

Prof. Zulles Ikawati menambahkan, dalam Minyak Oles Bokashi salah satu produk unggulan yang mempunyai multi khasiat untuk obat keluarga masyarakat Indonesa terbuat dari berbagai jenis bahan jamu.

Minyak Oles Bokashi, berbagai jenis madu, teh herbal, Bokashi Care, Balsem Bokashi, Minyak Tetes Bokashi dan produk Ramuan Pak Oles lainnya yang berstandar Badan pengawasan Obat dan makanan (BPOM) dapat dimanfaatkan masyarakat dengan baik untuk memelihara dan meningkatkan sistem imun tubuh.

“Kalau kita lihat literatur sebagaian besar herbal memberikan manfaat dalam mengatur sistem imun tubuh yang sifatnya banyak sekali yang bisa digunakan,” ujar Prof. Zulles Ikawati.

Demikian pula manfaat madu, salah satu produk alami itu sangat berguna untuk meningkatkan sistem imun dalam menghadapi paparan pathogen.

Dalam mekanismenya madu memiliki berbagai jenis antioksidatif, sebagai obat yang memiliki banyak khasiat untuk penyembuhan dan meningkatkan kesehatan.

Dalam menghadapi berbagai paparan eksternal memerlukan sel yang mampu menetralkan  sebagai antioksidan, sehingga herbal bisa berfungsi untuk menetralkan, sebagai bahan alami seperti madu.

Madu sendiri memiliki banyak komponen  asam amino, vitamin, mineral, senyawa  yang ada di dalam madu. Produk madu sering dijumpai dalam produk lain seperti jeli, gingseng, rempah-rempah dan herbal lainnya.

Hal itu menjadi menarik misalnya kombinasi madu-jamur di mana jamur pirang  secara tunggal memiliki efek yang sangat baik, karena memiliki antioksidan yang tinggi, satu senyawa dalam  asam amino sehingga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh, tutur Prof. Zulles Ikawati.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini