Dr Wididana: Belajar Pupuk Organik di Jepang

0
64
Direktur Utama PT Songgolangit Persada Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr menunjukkan produk EM4 dalam bidang pertanian.

Direktur Utama PT Songgolangit Persada, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr menegaskan, pihaknya belajar teknologi Effective Microorganisms (EM4) atau pupuk organik di Jepang selama tiga tahun (1987-1990).

“Saya langsung belajar dari penemunya Prof. Dr. Teruo Higa, guru besar bidang hortikultura University of The Ryukyus Okinawa, Jepang,” kata Dr. Wididana Agr ketika menjawab pertanyaan WS Artha, SE, SH, pewawancara “MyWORLD TV Chanel” belum lama ini.
Alumnus Program Pasca Sarjana (S-2) Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang menambahkan, banyak hal yang dapat dilakukan selama tiga tahun tinggal di negeri Sakura.

Setelah menyelesaikan pendidikan S-1 di Fakultas Pertanian Universitas Udayana langsung ke negeri Matahari terbit mulai dari belajar Bahasa Jepang, budaya Jepang dan belajar kepada Prof. Teruo Higa tentang pupuk organik.

Setelah mampu mengembangkan teknologi EM untuk pupuk organik kembali ke Indonesia dan sempat menjadi dosen Universitas Nasional (Unas) Jakarta selama 5 tahun,1990-1995.
Setelah itu menjadi peneliti di Institut Pengembangan Sumber Daya Alam (IPSA) Bali di Desa Bengkel, Busungbiu, Kabupaten Buleleng sejak tahun 1997 hingga sekarang yang telah berlangsung selama 25 tahun.

Pada tahun 1997 Indonesia mengalami krisis moneter sehingga menyebabkan berbagai jenis obat-obatan menjadi sangat mahal dan daya belum masyarakat sangat rendah.
“Saat itulah meluncurkan Minyak Bokashi yang berawal dari cikal bakal Lengis Arak Nyuh, ramuan minyak tanaman obat yang difermentasi secara alami di atas tunggu dapur tradisional warisan leluhur (Dadong Bandung, nenek Pak Oles) bertransformasi menjadi Minyak Oles Bokashi dengan sentuhan teknologi EM dari Jepang,” tutur Dr. Wididana.

Minyak Bokashi proses produksi, awalnya dilakukan di sebuah rumah sederhana di Desa Bengkel, Busungbiu, Kabupaten Buleleng tahun 1997 atau 25 tahun silam memiliki keunggulan anti virus, anti jamur, anti bakteri, memiliki multi khasiat sebagai obat keluarga.

Produk tersebut sekaligus didaftarkan di Kementerian Hukum dan HAM tentang kekayaan intelektual sekaligus mendirikan perusahaan PT Karya Pak Oles Tokcer yang memproduksi dan memasarkan Minyak Oles Bokashi yang kini telah dikenal secara meluas di pasaran lokal Bali, Nasional dan mancanegara.https://linktr.ee/em4 #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini