Sebanyak 130 siswa/i Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan Rohani Husodo Klaten, Jawa Tengah mengadakan kunjungan ke Industri Obat Tradisional (IOT) PT Karya Pak Oles Tokcer (KPOT) di Jalan Tukad Balian, Kawasan Niti Mandala Renon Denpasar, Rabu (9/11/22).

Ratusan siswa SMK Klaten dalam kunjungan industri ke perusahaan berbasis obat-obatan tradisional yang merupakan terbesar di Bali dipimpin Kepala Sokolah bersangkutan Adi Nurwicaksono. S.Pd didampingi sejumlah guru pembimbing.

Kunjungan tamu dari Klaten Jawa Tengah itu diterima Kepala Bagian Pemastian Mutu Industri Obat Tradisional (IOT) (Pabrik I) PT Karya Pak Oles Tokcer Apt Luh Ketut Budi Maitriani, S. Farm didampingi Kepala Produksi Plant I, I Putu Sudarsana, SE.

Kepala Sekolah Adi Nurwicaksono. S.Pd pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi, terima kasih dan penghargaan atas kesempatan untuk mengunjungi IOT KPOT, sebuah perusahaan swasta nasional yang berbasis obat-obatan tradisional yang merupakan terbesar di Bali.

“Kami dan hampir semua anak didik kunjungan kami kali ini merupakan baru pertama kali yang tentu mempunyai arti penting untuk mempelajari dan mendalami proses produksi yang berstandar Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB),” ujar Adi Nurwicaksono.

Pihaknya sengaja mengajak siswa-siswi untuk berkunjung ke industri obat tradisional PT Karya Pak Oles Tokcer, walaupun dari SMK Keperawatan, namun sudah belajar membuat ramuan herbal dan minyak herbal.

Siswa kelas XI dan XII SMK Kesehatan Rohani Husodo Klaten sudah mempraktekkan membuat minuman herbal dan minyak herbal dengan alat yang sederhana, tentu tidak secanggih seperti yang diterapkan di Pabrik obat Pak Oles.

“Kami setiap tahun secara berkesinambungan mengajak anak didik untuk mengadakan kunjungan ke usaha industri, tahun lalu mengunjungi pabrik obat-obatan di Malang, Jawa Timur,” ujar Adi Nurwicaksono.

Kunjungan tersebut diharapkan mampu meningkatkan wawasaan dan keterampilan anak didik mengenai produksi obat-obatan herbal, sehingga begitu selesai menyelesaikan pendidikan siap memasuki lapangan terkait dengan keterampilan yang dimiliki.
Tayangan Video Dokumenter.

Apt Luh Ketut Budi Maitriani kepada tamunya sebelum menyuguhkan tayangan video dokumenter tentang profil perusahaan PT Karya Pak Oles Tokcer berkolaborasi dengan sejumlah perusahaan yang bernaung di bawah bendera PT Karya Pak Oles Grup.

Perusahaan tersebut antara lain PT Songgolangit Persada yang memproduksi pupuk organik padat Bokashi Kotaku, pupuk hayati Effective Microorganisms 4 (EM4) pertanian, peternakan, perikanan dan pengolahan limbah.

Selain itu juga mengelola rumah makan Bukit Hexon Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Klinik Pijat dan Penyembuhan Tradisional Usaha Pak Oles di Denpasar Selatan, Pak Oles Green School, Pak Olesonline, tiga unit penyiaran radio dan PT Balok Emas yang bergerak dalam alat-alat kesehatan.

Video dokumenter profil perusahaan sejarah berdirinya PT Karya Pak Oles Tokcer sejak tahun 1997 hingga perkembangannya sekarang selama 25 tahun. Usaha yang dirintis Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr, alumnus Faculty Agriculture Universitu of The Ryukyus Okinawa, Jepang berupa Minyak Oles Bokashi (Bokashi Rub Oil) yang diracik dari ratusan jenis tanaman obat organik yang dikembangkan di atas hamparan seluas 6 hektar di Desa Bengkel, Busungbiu, Kabupaten Buleleng.

Obat tradisional yang ditemukan tahun 1997 merupakan warisan Pusaka Ramuan Dadong Bandung (nenek Pak Oles) Lengis Arak Nyuh, dari Desa Bengkel, daerah pesisir utara Pulau Bali, yang diproduksi secara modern dengan sentuhan teknologi Effective Microorganisme 4 (EM4).

Minyak Oles Bokashi memiliki aroma khas hasil fermentasi perpaduan antara tradisional yang diterapkan Dadong Bandung dengan teknologi EM4 temuan Prof. Dr. Teruo Higa, guru besar Universitas Ryukyus, Okinawa, Jepang (tempat Pak Oles menyelesaikan program S-2) yang kini menjadikan Minyak Oles Bokashi for the world. World Class Quality.

Bokashi, minyak herbal asli Bali untuk membantu meringankan pegal linu, meredakan bisul, gatal dan bengkak akibat gigitan serangga, sebagai campuran mandi rempah, guna mengurangi bau tidak sedap.linktr.ee/pakolescom #pakoles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini