Penemu Teknologi Effective Microorganisms (EM) Prof. Teruo Higa mendeklarasikan tanggal 8 Agustus sebagai Hari EM Mudball Sedunia. Sungai sebagai sumber kehidupan, sebagai tempat hidup tumbuhan dan satwa.

“Sungai sekaligus menjadi sumber air, tempat rekreasi dan tempat beraktivitas masyarakat sehari-hari. Oleh karena itu, kebersihan dan kelestarian sungai perlu dipelihara dan dijaga agar fungsi sungai dapat dirasakan secara berkelanjutan,” tutur Manajer Pak Oles Green School, Ir. Koentjoro Adijanto yang akrab disapa Pak Yoyok.

Ia mengatakan, masukan pencemar secara langsung ke sungai dapat menimbulkan menurunnya kualitas air, yakni terjadinya perubahan parameter fisika, kimia dan biologi perairan sungai.

Upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi pencemaran sungai adalah dengan Teknologi Effective Microorganisms yaitu membuat “EM Mudball”. Mudball EM secara ringkasnya adalah bola lumpur yang telah dicampurkan dengan dedak dan larutan EM.

Mudball mengandung mikroorganisme baik yang berfungsi menekan patogen yang terkandung di dalam air yang tercemar. EM4 yang terdapat dalam Mudball ini mampu mendegradasi zat organik, sedangkan, dedak dan tanah liat dapat mengadsorpsi padatan tersuspensi yang terkandung di air sungai.

Mikroorganisme baik yang terdapat pada EM Mudball akan bertindak mengurai segala endapan yang terdapat di dalam sungai. Selanjutnya mampu menetralisir air sungai sekaligus menjernihkan air sungai yang keruh dan tercemar. Sehingga memberikan dampak positif pada sungai.

Kerusakan lingkungan air akibatkan pencemaran air dan tanah dari penggunaan bahan kimia untuk pertanian, membuang limbah padat dan cair ke sungai, serta akibat erosi dan penggundulan hutan, mengakibatkan kualitas air sungai semakin menurun.

Hal tersebut juga berpengaruh terhadap menurunnya kualitas kesehatan manusia, hewan dan tanaman. Kualitas air sungai ditingkatkan dengan menambahkan EM ke tanah/lumpur dasar sungai, dengan cara menenggelamkan EM mudball (bola tanah lumpur yang mengandung bakteri EM).

EM mudball akan jatuh ke dasar sungai dan bakterinya hidup dan berkembang di dalam lumpur sungai. EM berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan mikroorganisme lokal yang ada di sungai untuk meningkatkan kualitas air sungai.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini