Ibu Lidyawati Sejak Remaja Senang Aktivitas Pertanian

0
97
Ibu Lidya saat merawat berbagai jenis tanaman yang menghiasi halaman rumahnya.

Sosok wanita enerjik dan kreatif itu sejak remaja memang senang dengan aktivitas pertanian, mengoleksi berbagai jenis tanaman hias untuk keindahan rumah tempat tinggal maupun relaksasi.

“Aktivitas bertani digeluti sejak kecil bersama keluarga di desa, senang jalan-jalan ke kebun dan hobi bercocok tanam itu hingga sekarang bertani di lahan sempit di perkotaan menggunakan media pot dan sejenisnya,”tutur Made Lidyawati, Manajer Produksi PT Karya Pak Oles Tokcer.

Dalam rekaman video menekuni aktivitas pertanian yang digeluti sosok ibu seorang putra dan seorang putri itu sempat ditampilkan oleh Direktur Utama PT Songgolangit Persada, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr ketika tampil sebagai pembicara dalam Seminar zoom pengembahgan pertanian perkotaan yang digelar Fakultas Pertanian, Universitas Nasional (Unas) Jakarta, baru-baru ini.

Wanita karier yang mengemban tugas di sebuah perusahaan swasta nasional yang berbasis obat-obatan tradisional terbesar di Bali itu, memang sangat senang dengan berbagai jenis tanaman untuk relaksasi dan menghilangkan kejenuhan dari rutinitas keseharian.

Berbagai jenis tanaman dikembangkan untuk memberikan kesejukan, kerindangan dan kenyaman sebagai hiasan rumah. Berkebun di sela-sela aktivitas keseharian memberikan kesenangan tersendiri, ujar suami Pak Bambang H itu.

Anak kedua dari lima bersaudara pasangan Ketut Sudana-Luh Sriwati yang dikaruniai kesehatan yang prima dan umur panjang itu mengaku, berbagai jenis tanaman pekarangan seperti simbar dan tanaman lainnya yang mudah hidup, menghijau dan memiliki nilai estetika.

Sejumlah tanaman hias ada yang dibelinya secara online itu dirawat dan dipeliharanya dengan baik bersama seluruh anggota keluarga, bahkan setiap tiga bulan sekali tanaman dipupuk kembali dan tanahnya digemburkan.

Semoga tanaman bisa terawat dengan baik selamanya, karena kedua putra-putri dan suami juga senang dengan aneka jenis tanaman hias, karena halaman tampak indah dan menghijau.

Ibu Lidya selain mengoleksi berbagai jenis tanaman hias juga memelihara ikan koi di kolam kecil yang tampak lincah, sehat berkat kualitas air yang terpelihara dengan baik.
Untuk menjaga mutu air tetap baik sehingga ikan dapat hidup dan berkembang berkat sentuhan Effective Microorganisme 4 (EM4) perikanan & tambak.

“Saya percayakan pada EM4 perikanan, terbukti ikan koi di dalam kolam peliharaan saya sangat lincah, sehat dan cepat besar,” tuturnya.

Pihaknya secara rutin menuangkan EM4 perikanan ke dalam kolam, filter dan juga dicampur pada pakan ikan dengan cara merendam sesaat sebelum diberikan ikan ke dalam kolam. Hal itu menjadikan air kolam sangat jernih, tidak berbau dan baik untuk pertumbuhan ikan.

EM4 perikanan & tambak, salah satu dari empat jenis EM4 produksi PT. Songgolangit Persada memberikan banyak manfaat antara lain memfermentasi sisa pakan, kotoran, cengkang udang di dasar tambak, mengurai gas-gas amoniak, metan dan hydrogen sulfida, meningkatkan oksigen terlarut (DO) dan air menjadi bersih sehingga tidak memerlukan penggantian air berulang-ulang, katanya.https://linktr.ee/em4 #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini