Pupuk Bokashi Kotaku Dapat Menyuburkan Semua Jenis Tanaman

0
63
Sejumlah pekerja sedang mengemas Pupuk Organik Bokashi Kotaku di Desa Bantas, Selemadeg Timur, Tabanan.

Pupuk organik padat Bokashi Kotaku yang diproses dengan teknologi Effective Microorganisms (EM) dari Jepang mampu menjaga dan meningkatkan kesuburan lahan yang cocok untuk semua jenis komoditas tanaman pertanian, perkebunan dan hortikultura.

“Tanah merupakan salah satu faktor yang menentukan pertumbuhan tanaman,” kata Manajer Pak Oles Green School di Jalan Waribang, Kesiman, Denpasar Timur, Ir. Koentjoro Adijanto yang akrab disapa Pak Yoyok.

Ia menjelaskan, tanah yang subur adalah tanah memiliki sifat fisik, kimia dan biologis yang mendukung pertumbuhan dan produksi tanaman, berkat adanya beragam kandungan dalam tanah.

Alternatif yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kualitas tanah yang baik dan subur adalah menggunakan pupuk organik, sehingga produktivitas padi maupun jenis komoditas lainnya meningkat.

Pupuk organik sentuhan EM selaras dengan sistem pertanian berkelanjutan. Pupuk organik merupakan bahan yang penting dalam upaya memperbaiki kesuburan tanah.
Pak Yoyok menjelaskan, jerami padi mengandung bahan organik yang baik untuk kesuburan tanah. Demikian juga rerumputan yang dipotong dari lahan sawah maupun kotoran hewan sangat baik bahan pupuk organik.

Bahan-bahan organik tersebut dapat dimanfaatkan sebagai campuran ditambah EM4 produksi PT Songgolangit Persada dalam membuat pupuk bokashi yang selanjutknya difermentasi dengan EM selama seminggu.

Penggunaan pupuk organik bokashi dapat meningkatkan keragaman dan populasi mikroorganisme menguntungkan dalam tanah, sekaligus mampu meningkatkan kesehatan, pertumbuhan, kualitas dan kuantitas produksi tanaman secara berkelanjutan. EM pelopor pertanian organic, tutur Pak Yoyok.linktr.ee/em4 #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini