Sembilan Khasiat Daun Dadap Untuk Kesehatan

0
359
Daun Dadap menyimpan kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan dan dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Daun dadap yang biasa juga disebut dengan nama cangkring merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak tumbuh secara liar maupun hanya sebagai sebatas pagar pembatas di pekarangan.

Tanaman dadap menyimpan kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan dan dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Sedikitnya ada sembilan manfaat daun dadap dalam menjaga dan memelihara kesehatan tubuh.

(1) Sebagai penurun panas, daun dadap dapat dimanfaatkan untuk mengobati demam tinggi, dapat dilakukan dengan mudah, yakni pipis halus daun dadap, kemudian gunakan sebagai kompres pada bagian kepala.

(2) Untuk mengobati cacingan. Penyakit cacingan tidak hanya menyerang anak-anak, namun juga kalangan dewasa, untuk mengatasinya, anda dapat mengonsumsi ramuan yang terbuat dari daun dadap yang telah dihaluskan dan dikombinasikan dengan madu murni.

(3) Mengatasi gangguan tidur atau insomnia. Insomnia merupakan kondisi anda mengalami gangguan susah tidur. Jika menderita masalah ini, dapat mengonsumsi daun dadap yang masih muda dan segar, kemudian dapat anda konsumsi sebagai sayur atau lalapan.

(4) Meringankan gejala reumatik, ketika anda mengalami gejala rematik maupun asam urat, tentunya hal ini dapat menghambat aktivitas.
Anda dapat menerapkan khasiat daun dadap dengan cara memanaskan daun dadap dengan api yang kecil lalu tempelkan pada bagian sendi yang terasa nyeri.

(5). Mengobati pembengkakan akibat luka, pembengkakan dapat disebabkan karena beberapa hal, misalnya saja karena benturan atau luka yang menyebabkan bagian tubuh

anda menjadi bengkak.
Untuk mengobatinya, dapat melembutkan daun dadap dengan cara menumbuknya, lalu terapkan pada bagian tubuh anda yang bengkak. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

(6). Mengobati disentri. Disentri merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan akibat terjadinya infeksi pada usus kemudian menimbulkan diare yang disertai darah dan lendir.

Untuk mengobatinya, dapat mengonsumsi ramuan yang terbuat dari campuran daun dadap yang telah dihaluskan dan minyak yang berasal dari buah jarak (kasteroli).

(7). Melancarkan menstruasi pada wanita. Menstruasi yang tidak lancar dapat terjadi akibat adanya penumpukan darah kotor dalam rahim dan dapat mengganggu kesuburan. Oleh karena itu, hal ini perlu segera ditangani. Untuk mengatasinya, anda dapat mengonsumsi dadap beserta bunganya yang diolah menjadi sayuran.

(8). Meredakan sakit kepala. Sakit kepala atau pusing merupakan suatu gangguan kesehatan yang dapat mengganggu aktivitas anda. Dari pada mengonsumsi obat-obatan kimia untuk meredakan pusing, anda dapat mencoba mengonsumsi daun dadap. Dimana daun dadap dapat menjadi obat herbal tanpa adanya efek samping yang merugikan.

(9). Sebagai obat pencahar alami. Manfaat dadap yang selanjutnya yaitu dapat digunakan sebagai obat pencahar alami. Anda dapat mengonsumsi daun dadap secara rutin dalam bentuk air rebusan atau dengan menjadikannya sebagai lalapan.
Dengan begitu daun ini dapat membantu memperlancar buang air besar (BAB) dan membersihkan kotoran yang ada di dalam perut anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini