Pemupukan Tanaman Padi Gunakan Bokashi Sentuhan EM

0
68
Ketut Arianata menunjukkan padi yang tumbuh subur dikelola secara organik menggunakan EM4 di Desa Jatiluwih, Penebel, Tabanan.

Budidaya tanaman padi dengan perawatan dan pemupukan menggunakan pupuk organik bokashi sentuhan Effective Microorganisms (EM) mampu meningkatkan produksi, sekaligus sebagai penghasil beras mempunyai peranan penting bagi Indonesia.

“Dalam budidaya tanaman padi secara terus menerus bisa menjadikan penurunan fungsi lahan dalam penyediaan berbagai unsur hara yang dibutuhkan tanaman,” kata Manajer Pak Oles Green School, Ir. Koentjoro Adijanto.

Ia menjelaskan, pemeliharaan tanaman terdiri dari penyiangan, pengairan, pemupukan dan pengendalian hama. Pemupukan adalah tahap pemeliharaan yang paling penting, yakni pemberian unsur hara baik makro maupun mikro untuk memenuhi kebutuhan hara tanaman.

Pemupukan harus dilakukan dengan seimbang dan yang paling penting adalah disesuaikan dengan kebutuhan tanaman dan ketersediaan hara yang ada di dalam tanah.
Pemberian bokashi diharapkan mampu menciptakan suatu sistem pertanian organik yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Bokashi adalah jenis pupuk organik yang telah difermentasikan dengan EM4.

Bokashi dapat memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah. Secara biologis dapat mengaktifkan mikroorganisme tanah yang berperan dalam transformasi unsur sehingga dapat meningkatkan ketersediaan hara tanaman.

Dengan demikian pertumbuhan dan produksi tanaman padi meningkat. Tanaman padi yang dipuk dengan bokashi sentuhan EM menjadi lebih tahan terhadap serangan hama penyakit, gabah lebih berat dan butir padi sudah siap panen meskipun daun benderanya masih hijau. linktr.ee/pakolescom #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini