TPS3R Sidakarya Ajak Masyarakat Olah Sampah Dapur Jadi Rupiah

0
41
Sejumlah pekerja sedang menurunkan produk EM4 di TPS3R Sidakarya dan siap didistribusikan ke TPS dan masyarakat.

Tempat Pengolahan Sampah Reuse, Reduce, Recycle (TPS3R) Desa Sidakarya, Denpasar Selatan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai penyedia kebutuhan pengelolaan persampahan desa, termasuk dalam pendistribusian produk Efeektive Microoganisme 4 (EM4) untuk mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos siap menjadikan Desa Sidakarya bebas dari sampah.

Wayan Tirtayasa, Direktur BUMDes Sidakarya mengatakan saat ini sudah ada 4.600 pelanggan untuk tahap ke dua. “Harapannya Pemerintah Desa Sidakarya bersinergi dengan Pemerintah Kota Denpasar supaya bisa menyeselaikan permasalahan persampahan berbasis dari masyarakat,” ujar pria berusia 48 tahun.

Tirtayasa menambahkan, setelah program terpenuhi baru nanti akan dilanjutkan dengan pengadaan pelatihan pembuatan kompos organik. Karena Pemerintah Desa Sidakarya telah membentuk tim atau panitia yang akan memberikan penyuluhan ke pelanggan-pelanggan sampah yang ada di Desa Sidakarya. Diharapkan di bulan Agustus 2022 ini sudah bisa dilaksanakan.

Saat ini dalam mengambil sampah ke rumah-rumah pelanggan, telah terbentuk tim dengan jumlah armada menggunakan mobil 2 unit, kendaraan moci 7 unit dan gerobak sampah sebanyak 5 unit itu sudah mencangkup kebutuhan pelanggan yang ada di wilayah Desa Sidakarya.

Namun untuk saat ini, sampah yang dipungut dari masyarakat masih dikirim ke depo revitalisasi yang berlokasi di Jalan Mertasari, karena belum optimalnya masyarakat dalam memilah sampahnya. Di depo sampah dipilah menjadi tiga bagian yaitu sampah organik, non organik dan residu.

“Jadi di sana dari proses pemilahan pencacahan, dan sampai proses komposting. Hasil komposting yang dilakukan TPS3R, saat ini masih dibagikan secara geratis ke pelanggan-pelanggan untuk menggugah minat masyarakat, bahwa sampah yang ia hasilkan itu sebenarnya mempunyai nilai ekonomis” ujar Tirtayasa saat menerima pengiriman produk EM4 di TPS3R Sidakarya.

“Seperti halnya Kota Denpasar, begitu juga Desa Sidakarya dengan satu prinsip menjadikan sampah bisa menghasilkan uang. Dari sampah menjadi rupiah,” ujarnya. Dan saat ini produk kompos organik yang telah diproduksi TPS3R Sidakarya telah menggunakan EM4 produk dari PT. Songgolangit Persada. https://linktr.ee/em4indonesia #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini