Probiotik EM Tingkatkan Serapan Pakan Budidaya Udang

0
53
Pembuatan pakan udang dengan fermentasi em4.

Probiotik Effective Microorganisms 4 (EM4) dapat meningkatkan serapan pakan pada budidaya udang, sekaligus  berfungsi sebagai antipatogen bakteri dan virus alami dalam meningkatkan serapan pakan untuk pertumbuhan udang.

“Selain itu juga dapat mempercepat waktu panen, meningkatkan performans rasa dan kualitas udang,” kata Manajer Pak Oles Green School di Jalan Waribang Keseiman Denpasar, Ir. Koentjoro Adijanto yang akrab disapa Pak Yoyok.

Ia menjelaskan, hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian probiotik pada pakan dalam berbagai konsentrasi berpengaruh terhdap pertumbuhan dan mortalitas udang vaname (Litopenaeusvannamei).

Oleh sebab itu sangat penting memberikan probiotik EM4 Perikanan, diantaranya dapat meningkatkan nafsu makan yang tidak merata kerap terjadi, sehingga hal itu menghambat pertumbuhan udang.

“Nafsu makan yang tidak merata tentu mengganggu proses pembesaran udang, sehingga panen akan membutuhkan waktu yang lebih lama,” ujar Pak Yoyok.

EM4 Perikanan dapat merangsang sistem pencernaan pada udang dalam mencerna pakan yang diberikan. Caranya dengan mencampurkan pakan dengan larutan EM4, sehingga membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi.

EM4 perikanan dan tambak produksi PT Songgolangit Persada (SLP) merupakan kultur mikroorganisme yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas air tambak secara efektif, sekaligus meningkatkan hasil produksi ikan dan udang.

EM4 perikanan dan tambak dalam kemasan satu liter botol berwarna pink dapat memperbaiki mutu air, meningkatkan pertumbuhan, size dari ikan atau udang, mampu  menguraikan bahan-bahan sisa pakan, kotoran menjadi senyawa organik yang bermanfaat.

Demikian juga mampu menekan mikroorganisme patogen membantu meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi, menekan hama dan penyakit yang terdapat dalam tambak. linktr.ee/em

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini