Pupuk Organik Sentuhan EM Tanaman Jadi Subur

0
57
Ayum Dja,far Aziz S. Sos. (kanan) saat membatu pekerja mengemas pupuk organik yang diproduksi dengan fermentor EM4.

Pupuk organik Bokashi sentuhan teknologi Effective Microorganisme (EM4) mampu menyuburkan tanaman hortikultura, padi dan tanaman perkebunan lainnya, sehingga mendorong masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya di Jawa Timur memanfaatkan pupuk dari bahan limbah organik tersebut.

“Baru kali ini mempunyai tanaman yang tumbuh subur berkat pemupukan menggunakan pupuk organik Bokashi,” tutur pemilik Usaha Fina Agro Kusuma Grup, Ayum Dja,far Aziz, S. sos yang memproduksi pupuk organik Bokashi di Secang, Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Ia menirukan, sesama petani yang sedang mengobrol saat membeli pupuk Bokashi di kiosnya menuturkan, sebelumnya petani mengaku tidak pernah mempunyai tanaman subur seperti itu yang sebelumnya menggunakan pupuk kimia.

Kolaborasi pupuk organik dengan EM4 produksi PT Songgolangit Persada mampu mendorong petani sekitarnya memanfaatkan pupuk ramah lingkungan dalam menggarap lahan untuk semua jenis tanaman pertanian, hortikultura dan perkebunan.

Perusahaan yang menampung 20 tenaga kerja itu setiap tahunnya mampu memenuhi kebutuhan pupuk organik sebanyak 1.000-1.500 ton.

Pihaknya bertekad untuk menambah kapasitas produksi pupuk organik untuk keperluan memperluas pasar, selain menangkau seluruh petani di Kabupaten Banyuwangi juga melayani daerah  Bondowoso dan Jember, tutur Ayum Dja,far Aziz. . linktr.ee/em

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini