Kualitas Air Tambak Udang Baik Aplikasi EM4

0
62
Sumedi (50) (kiri) teknisi tambak udang milik Bapak Heri Punjul menjelaskan budidaya udang secara organik menggunakan teknologi EM4.

Dalam budidaya udang kualitas air menjadi kunci untuk keberlangsungan dan perkembangan udang sehingga bisa tumbuh maksimal sesuai harapan. Hal tersebut dikatakan oleh Sumedi (50) seorang teknisi di tambak udang milik Bapak Heri Punjul.

Tambak udang yang berlokasi di Desa Ringin Putih, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur itu tertata rapi pada hamparan lahan seluas 6 hektar dengan jumlah petak sebanyak 20 rata-rata berukuran 3.500 meter persegi.

Sumedi saat menerima kunjungan dari tim Youtube EM mengatakan telah sejak lama menggunakan EM4 Perikanan dan Tambak produk dari PT. Songgolangit Persada untuk menjaga kualitas air. “Dengan menggunakan EM4 kualitas air lebih bagus, terutama untuk limbah. Limbah dari udang itu mengairi sungai dan masuk ke teluk. EM4 memberikan manfaat lebik baik dari sebelum mengunkannya, “ ujar suami Yuna (45).

Ayah dua orang putri ini menjelaskan, kunci budidaya udang ada pada kualitas air. “Memang kuncinya budidaya udang adalah budidaya air dan budidaya microorganisme. Dengan menggunakan EM4 kualitas lebih baik karena limbahnya terurai oleh EM. Otomatis kalau kualitas air baik BOD (Biologial Oxygen Demand) dan DO (Dissolved Oxygen) akan lebih bagus,” jelasnya.

Sumedi menambahkan, dalam budidaya udang yang sangat berpengaruh terhadap kualitas air juga harus ramah terhadap lingkungan sekitar. “Apalagi ini merupakan perairan teluk dan muara sangat penting untuk mengelola limbah yang tidak mencemari lingkungan dan tidak mengganggu petambak yang lain,” jelasnya.

Tambak udang Pak Heri yang mengembangkan udang jenis vaname menggunakan sejumlah kincir untuk terpenuhinya kebutuhan oksigen. Selain itu juga untuk menyapu kotoran supaya bisa ke sentral dan kehidupan planton tumbuh dengan baik. Tambak udang tersebut juga terlihat banyak mengeluarkan buih pada permukaan air yang berarti baik, karena bakteri sedang bekerja, bekembang biak dan dapat menekan pathogen. Sehingga udang menjadi sehat pertumbuhannya.

Sumedi mengatakan penerapan EM4 pada tambak diterapkan dalam seminggu sebanyak dua kali. Dan penuangan EM aktif dilakukan pada sore hari di dekat kincir supaya cairan EM cepat menyebar secara merata. Hasilnya pun budidaya udang bisa sesuai harapan. https://linktr.ee/em4 #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini