EM4 Perikanan Tingkatkan Produksi Ikan dan Udang

0
107
EM4 Perikanan dapat meningkatkan kualitas air, berguna untuk memfermentasi sisa pakan, kotoran di dasar kolam dan menguraikan gas-gas amoniak, metan dan hydrogen sulfida.

Effective Microorganisms 4 (EM4) perikanan dan tambak, produksi PT Songgolangit Persada (SLP) merupakan kultur mikroorganisme yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas air tambak secara efektif, sekaligus meningkatkan hasil produksi ikan dan udang.

“EM4 perikanan dan tambak dalam kemasan satu liter botol berwarna pink dapat memperbaiki mutu air, meningkatkan pertumbuhan dan size dari ikan atau udang,” tutur Manajer Pak Oles Green School, Ir. Koentjoro Adijanto.

Ia menjelaskan, EM4 perikanan dan tambak, salah satu dari empat jenis produk EM (lainnya EM4 pertanian, peternakan dan EM limbah) juga dapat menguraikan bahan-bahan sisa pakan, kotoran menjadi senyawa organik yang bermanfaat.

Selain itu menekan mikroorganisme patogen membantu meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi, menekan hama dan penyakit yang terdapat dalam tambak.

Untuk pengolahan tanah dasar tambak setelah tanah dikeringkan dan dicangkul atau dibajak, rendam dengan air sedalam 20 cm kemudian disiram dengan EM4 sebanyak 6 liter per hektar, biarkan selama  4-7 hari dan kemuadian keringkan kembali selama 4 hari.

Tanah dikapur sebanyak 300 kg/hektar dan juga ditaburkan pupuk dengan pupuk bokashi 1,5 ton per hektar. Selain itu diisi dengan ketinggian 20 cm lalu siram dengan EM4 sebanyak 6 liter/hektar, biarkan selama seminggu.

Selain itu tambahkan air hingga mencapai ketinggian 60-80 cm, lalu siramkan EM4 sebanyak 6-8  liter/hektar biarkan selama seminggu hingga menjelang benur ditebar.

Pada masa pemeliharaan setelah benur berumur 1 bulan, siram EM4 sebanyak 1-3 ppm/minggu/hektar atau pada saat penggantian air sesuai dengan kondisi. linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini