EM4 Tetap Semangat Dalam Berkarya

0
62
Sejumlah staf dan jajaran manajemen PT. Karya Pak Oles Grup foto bersama sambil menunjukkan sejumlah produk EM4.

Teknologi Effective Microorganisms (EM) dengan produknya EM4 di Indonesia merupakan pelopor pertanian organik. EM4 pertama kali diperkenalkan ke nusantara oleh penemunya Prof. Dr. Teruo Higa, diawali pada 1990 dengan uji coba, penelitian selama 5 tahun bekerjasama dengan peneliti di universitas dan badan penelitian.

“EM4 mendapat izin berproduksi dan pemasaran ke seluruh daerah di Indoneia pada 1995,” kata |Direktur Utama PT Songgolangit Persada, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M. Agr.
Alumnus Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang itu menjelaskan, EM4 awalnya diproduksi untuk pertanian, selanjutnya perijinannya meluas untuk peternakan dan perikanan.

Petani dan penghobi pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan menyambut baik kehadiran pupuk hayati EM4, sehingga pasar EM4 itu semakin meluas dan terbuka setelah pertanian organik dikembangkan di Indonesia.

Gede Ngurah Wididana menjelaskan, lembaga penelitian dan universitas di Indonesia ikut berperanserta secara aktif mendukung penelitian EM4, sehingga EM4 menjadi semakin diterima oleh masyarakat dari seluruh daerah di Nusantara.

EM4 juga digunakan untuk pengolahan sampah di rumah tangga dan sampah kota untuk mendaur ulang limbah organik untuk pupuk., tutur Gede Ngurah Wididana. linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini