Perbedaan Proses Pembuatan Pupuk Konvensional Dan Bokashi

0
34
Koentjoro Adijanto menunjukkan EM4.

Mengenal perbedaan proses pembuatan pupuk konvensional (alami) dan membuat pupuk bokashi (organik) dengan sentuhan teknologi Effective Microorganisms4 (EM4) dari Jepang, yakni pada proses fermentasi.

Pupuk alami yang lebih dikenal dengan kompos, umumnya terfermentasi secara alami oleh mikroorganisme. Sedangkan, pupuk bokashi merupakan bahan organik yang proses fermentasinya dibantu oleh EM4, kata Manajer Pak Oles Green School, Ir. Koentjoro Adijanto.

Ia mengatakan, keunggulan dari pupuk bokashi dapat memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah, membantu menghidupkan kembali mikroba-mikroba di dalam tanah yang sangat membantu melakukan proses pembentukan bahan-bahan organik didalam tanah.

Pupuk bokashi juga mampu meningkatkan kandungan unsur hara yang sudah terurai sehingga siap diserap akar tanaman. Pupuk bokashi padat mengandung effective mikroorganisme bermanfaat untuk menekan pertumbuhan patogen dalam tanah.

Dengan sentuhan pupuk bokashi tersebut tanaman dapat tumbuh subur, sekaligus mampu meningkatkan hasil panen, ujar pria yang akrab disapa Pak Yoyok. linktr.ee/pakolescom#EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini