Bapak Nyoman Suandi sedang memberi minum ternak sapi dengan air yang telah dicampur dengan EM4 peternakan.

Tantangan utama bagi usaha peternakan yakni mengatasi masalah bau, kebersihan, kesehatan ternak dan mengurangi atau menekan sekecil mungkin timbulnya penyakit.

Namun yang terjadi adalah kepadatan ternak yang berlebihan, hewan dibesarkan dalam lingkungan mengalami stres tinggi dengan bau yang menyengat dan kondisi higienis yang buruk.

“Untuk itu manfaatkan Effective Microorganisms 4 (EM4) peternakan produksi PT Songgolangit Persada adalah solusi mengatasi masalah tersebut yang aman dan ramah lingkungan,” kata Manajer Pak Oles Green School, Ir. Koentjoro Adijanto yang akrab disapa Pak Yoyok.

Ia mengatakan, manfaat EM4 peternakan mengandung mikroorganisme dan metabolit yang dihasilkan oleh mikroorganisme mampu meningkatkan mikroflora, tidak hanya di lambung, namun juga dalam tubuh hewan.

Penyemprotan EM4 peternakan dalam kandang mampu meningkatkan kebersihan ternak sekaligus menghilangkan bau, memperbaiki kesehatan ternak.

Pencampuran EM4 peternakan ke dalam air minum ternak dan ke dalam pakan ternak untuk mengkondisikan lingkungan usus ternak akan memiliki efek menguntungkan untuk mencegah terjadinya penyakit.

EM juga mampu mengurangi bau tidak sedap akibat penumpukan amonia dan trimetilamina, yang bersifat basa. Asam organik yang terkandung dalam EM memiliki sifat asam, sehingga penyemprotan EM mampu menetralisir senyawa kimia dan baunya akan berkurang dengan cepat.

Penyemprotan secara teratur dapat meningkatkan bakteri yang menguntungkan pada EM, sekaligus mampu menekan pertumbuhan bakteri pembusuk. Sehingga ternak menjadi sehat dan ternak peliharaan menjadi kondusif. EM4 peternakan pelopor probiotik untuk ternak, tutur Pak Yoyok.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini