Staf Ahli: Teknologi EM Adalah Hak Paten Prof. Higa

0
88
Produk EM4 dari PT. Songgolangit Persada dalam bidang pertanian, peternakan, perikanan dan pengolahan limbah.

Teknologi Effective Microorganisms (EM) merupakan hak paten Prof. Dr. Teruo Higa, guru besar bidang Hortikultura University Of The Ryukyus Okinawa, Jepang terhadap hasil temuannya dalam bidang pertanian organik yang diberinama teknologi EM, kini telah dikembangkan lebih dari 100 negara di belahan dunia, termasuk di Indonesia.

“Di Indonesia agen tunggal yang memproduksi dan memasarkan EM yakni EM4 pertanian, EM4 perikanan, EM4 peternakan dan EM4 limbah adalah PT Songgolangit Persada yang didirikan oleh Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr dengan mendapat lisensi dari EMRO Jepang,” kata Staf Ahli PT Songgolangit Persada, Ir. I Gusti Ketut Riksa.

Ia mengatakan, seiring semakin dikenal dan memasyarakatnya teknologi EM di Indonesia, kadang kala kita lupa bahwa EM itu adalah hak paten yang tidak dapat dibuat secara sembarangan, karena ada regulasi tertentu yang mengatur tentang hak paten tersebut.

Prof Higa dibantu tim dan belasan mahasiswa selama 12 tahun, 1968–1980 melakukan penelitian di lapangan dan laboratorium, sekaligus banyak menulis sekripsi, tesis, desertasi yang mengedepankan mikroba dengan berbagai judul. Pada tahun 1980 Prof Higa merekap hasil temuannya dan mengenalkannya kepada para pengambil kebijakan di Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA).

Berkat USDA beserta Internationale Federatiaon of Organik Agriculture Movement (IFOAM) banyak negara mengakui kebenaran dan keampuhan teknologi EM dan menciptakan banyak formula antara lain EM1, EM2, EM3, EM4 dan EM5.

Direktur PT Songgolangit Persada, Ir. Haji Agus Urson Adi Pramono dalam kesempatan terpisah mengharapkan masyarakat, khususnya konsumen agar lebih teliti dalam memilih produk hayati EM4 pertanian, peternakan, perikanan dan pengolahan limbah yang telah dipatenkan.

Hal itu penting agar konsumen tetap mendapatkan produk yang berkualitas, keaslian dan keamanannya terjamin, mengingat belakangan ini beredar produk EM4 yang dikemas (packed) dengan ukuran yang lebih kecil seperti 100 ml dan 250 ml dari biasanya dalam kemasan botol satu liter.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini