Disiplin Kunci Sukses

0
19
Gede Ngurah Wididana, Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup

Oleh: Gede Ngurah Wididana *)

Saya melihat fenomena murid dan mahasiswa yang aktif di organisasi, di dalam dan di luar sekolah, mereka lebih banyak berhasil/ sukses dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif di organisasi.

Keaktifan berorganisasi memberikan kesempatan berlatih bertemu orang, berkomunikasi dan memimpin. Organisasi juga mengajarkan disiplin. Mereka yang tidak disiplin pasti tidak akan diajak berorganisasi.

Disiplin melatih orang untuk tertib, mengikuti aturan, tepat janji dan bertanggung jawab. Disiplin itulah yang mengantarkan mereka untuk menuju sukses. Disiplin dimulai dari hal hal kecil, misalnya tepat waktu, bertanggung jawab, berani berkorban, membela kepentingan orang lain di atas kepentingan dirinya sendiri.

Tidak ada orang yang tidak disiplin bisa berhasil. Orang yang tidak disiplin sering bermasalah, memberatkan orang lain, berurusan hukum, setres, bangkrut, sakit, cerai dan mati muda. Disiplin harus dilatih dari dalam diri, oleh diri sendiri.

*)Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup, alumnus Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang dan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini