Tugas Pemimpin Adalah Menyelesaikan Masalah

0
25
Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M. Agr Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup.

Oleh: Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana *)
Tugas pemimpin yang sangat penting adalah menyelesaikan masalah. Setiap organisasi pasti memiliki masalah yang kecil maupun besar. Masalah kecil yang dibiarkan berlarut- larut tanpa penyelesaian tuntas bisa berkembang menjadi masalah besar.

Masalah besar yang tidak diselesaikan akan segera bisa mematikan organisasi. Oleh karena itu, pemimpin harus segera menyelesaikannya, agar organisasi bisa bergerak maju. Masalah yang dihadapi oleh organisasi haruslah dipikirkan matang dan dicari jalan keluarnya, selanjutnya dilakukan tindakan agar masalah selesai.

Setiap kemajuan atau perkembangan organisasi pastilah dihadapkan dengan masalah. Tanpa masalah yang harus diselesaikanya, tidak mungkin ada kemajuan. Untuk mencapai suatu kemajuan, masalah harus diselesaikan.

Jika masalah tidak diselesaikan, maka organisasi akan bergerak di tempat atau menyusut. Jadi, tugas pemimpin adalah menyelesaikan masalah. Jika pemimpin tidak bisa menyelesaikan masalah, maka dia bukan pemimpin lagi.

Bagaimana cara pemimpin menyelesaikan masalah? Pemimpin harus bisa membagi masalah-masalah menjadi bagian-bagian masalah yang lebih kecil dan selanjutnya dicarikan jalan keluarnya.

Pemimpin harus fokus pada masalah-masalah inti untuk dicarikan jalan keluarnya. Pemimpin harus mampu menyerap aspirasi dari bawah, dari sumber masalah, sehingga permasalahan dapat dilihat jelas dan bisa dicarikan jalan keluarnya.

Pemimpin harus bisa merangkum / menggabungkan berbagai sumber daya agar bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah. Pemimpin harus bisa menemukan berbagai cara jalan keluar untuk menyelesaikan masalah. Pemimpin harus mimiliki pemikiran yang matang dan jernih untuk bisa menerima pendapat dan saran dari berbagai pihak dan mempertimbangkannya, serta memutuskan jalan yang terbaik untuk bisa menyelesaikan masalah. Tugas pemimpin adalah menyelesaikan masalah.
*) Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini