Bisnis Ibarat Berenang di Sungai

0
23
Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr Direktur Utama PT Karya Pak Oles grup.

Oleh: Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr *)

Jika anda belum pernah mandi di sungai yang airnya dalam, maka cobalah. Pertama-tama celupkan kaki dan berjalan ke tengah sungai sampai sebatas hidung, kemudian gerakkan kaki dan tangan agar anda bisa berenang, minimal mengambang di atas air, dan tidak hanyut mengikuti arus air.

Berkali-kali, puluhan sampai ratusan kali badan diceburkan ke dalam air sungai yang mengalir, maka tangan kaki anda akan menjadi terbiasa bergerak dan tubuh anda mengambang dan bergerak di atas air.

Kepala anda tetap mendongak di atas air, ataupun kalau menyelam, tangan dan kaki terus bergerak, nafas ditahan sekuatnya agar hidung tidak masuk air. Bagaimanapun kencangnya arus air, atau dalamnya sungai, kuncinya adalah tangan dan kaki terus bergerak, perlahan atau kencang, sesuai situasi air sungai, maka anda akan selamat berenang, menyeberangi sungai, mengikuti atau melawan arus.

Selama kaki dan tangan anda terus bergerak, sesuai kemampuan anda dan situasi air sungai, maka anda akan selamat. Saat anda berhenti bergerak, atau anda kelelahan bergerak tapi anda terus mencoba berenang, maka dapatlah dipastikan anda akan mati tenggelam, terseret arus sungai.

Bisnis ibarat berenang di sungai. Jika berenang diperlukan gerakan tangan dan kaki, maka dalam bisnis, anda harus terus menggerakkan tangan dan kaki untuk berkreasi dan bekerja.

Bekerja, berpikir kreatif dan produktif adalah kunci keberhasilan bisnis. Tiada hari tanpa bekerja dan berpikir kalau ingin selamat dalam menjalankan bisnis. Datangnya kasus Covid 19 membuktikan kebenaran teori ini.

Bagi mereka yang berhenti bergerak, tanpa usaha dan kreasi dalam bisnis, maka dapatlah dipastikan usahanya akan tenggelam, hanyut terseret arus sungai menuju samudra. Tetap semangat, optimis dan terus bergerak dan berkreasi adalah kunci keselamatan dan keberhasilan bisnis.

*)Direktur Utama PT. Karya Pak Oles Grup, alumnus Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang dan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. linktr.ee/pakolescom #pakoles.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini