Jangan Tunda Berbuat Baik

0
22
Gede Ngurah Wididana, Direktur Utama PT. Karya Pak Oles Grup.

Oleh: Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr *)

Pada saat Rahwana hampir menemui ajalnya, Ramachandra datang menghampiri dan meminta nasihatnya. Rahwana memberikan dua nasihat penting yang sangat berguna bagi generasi selanjutnya.

Begini nasihatnya: “Jika engkau ingin melakukan perbuatan yang baik, maka segeralah lakukan perbuatan baik itu, jangan menunda-nunda, karena pikiranmu mungkin berubah, dan engkau bisa saja melupakan hasrat suci tersebut.

Jika engkau ingin melakukan hal yang buruk, maka tundalah sampai hari berikutnya, pikiranmu masih mungkin untuk berubah, mengganti keputusan berbuat buruk, menjadi berbuat baik.

Pikiran itu sifatnya mudah berubah, maka pikiran harus selalu dikendalikan, agar selalu dalam kondisi kebaikan. Perbuatan baik dalam memberi, membantu, bekerja, belajar, merupakan hal yang sangat tepat untuk dilakukan sekarang, atau sesegera mungkin.

Jangan tunda waktu, tenaga dan uang untuk kebaikan, karena semuanya itu akan berbuah manis. Pikiran untuk berbuat buruk, mencelakai orang lain, membunuh, merusak, menipu, marah, dan sebagainya, sebagai hasil dari keinginan yang tak terkendali, hendaknya ditunda, jangan dilakukan, karena perbuatan itu akan mencelakai diri sendiri dan orang lain.

*)Alumnus Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini