Sinergisme dan Keseimbangan

0
15
Staf Ahli PT. Songgolangit Persada Ir. I Gusti Ketut Riksa dalam sebuah aktivitas.

Oleh Ir. I Gusti Ketut Riksa *)

Sejumlah mikroorganisme dalam Effective Microorganisms (EM) hasil temuan Prof. Dr. Teruo Higa, guru besar bidang hortikultura University Ryukkyus Okinawa, Jepang, jika dikelompokkan terdapat lima kelompok besar, 10 genus dan lebih dari 80 spesies.

Kelompok tersebut terdiri atas kelompok bakteri fotosintetik, laktobasilus, asam laktat, ragi dan actino mycetes. Kelimanya yang ada di dalam tanah akan bekerja secara sinergis yakni antar bakteri memerlukan eksekresi bakteri lainnya sehingga semuaya bisa hidup dan berkembang.

Selain sinergisme antar mikroba, bakteri-bakteri itu  juga menghasilkan nutrisi yang dapat dimanfaatkan oleh tanaman, hewan dan manusia. Dalam bersinergi kelima kelompok mikroba tersebut  senantiasa menuju pada keadaan yang lebih baik dalam bentuk keseimbangan yang dikatagorikan dalam kondisi netral.

Proses menuju kondisi yang seimbang (netral) memerlukan memerlukan jeda waktu untuk mewujudkan. Beberapa contoh antara lain tanah asam akan dirubah menuju netral, tanah alkalis akan dirubah menuju netral.

Demikian pula tanah padat akan dirubah menjadi lebih poreus/gembur, tanah yang sangat poreus akan dirubah menjadi lebih padat, dan tanah kurus berangsur-angsur akan menjadi lebih subur.

Oleh karena itu jangan berhenti menggunakan EM sebelum EM itu menunjukkan hasil terhadap tanaman piharaan. Semua itu menuju keseimbangan yang menjadi dambaan para petani. Tentu sangat sulit menjelaskan prosesnya karena dewasa ini masih banyak hal-hal yang belum tersentuh oleh ilmu pengetahuan modern, namun dalam beberapa percobaan para ahli, hal itulah yang terjadi.

*) Staf Ahli PT Songgolangit Persada. . linktr.ee/pakolescom  #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini