Miliki Harapan, Jaga Komitmen

0
18
Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr Direktur Utama PT Karya Pak Oles grup.

Oleh: Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr *)

Komitmen adalah titik awal sukses. Kehidupan manusia membutuhkan komitmen dan pengharapan untuk mencapai sukses apapun. (Master Cheng Yen).

Komitmen adalah janji yang harus ditepati pada diri sendiri dan orang lain. Janji kepada diri sendiri adalah disiplin, kejujuran, sabar, tekun. Pemimpin yang sukses mempraktikkan komitmennya untuk sukses, berhasil mewujudkan cita-citanya.

Komitmen kepada orang lain berarti memegang teguh janji yang sudah diikrarkan kepada orang lain dan dengan kesungguhan hati mewujudkannya.  Komitmen adalah titik awal sukses. Tanpa komitmen, seseorang menjadi malas, lemah, kurang sabar, mudah menyerah, serta tidak mendapatkan kepercayaan dan dukungan dari orang lain.

Harapan adalah cita-cita yang harus diperjuangkan dengan komitmen. Tanpa harapan berarti perjuangan sudah selesai. Karena ada harapan, karena ada cita-cita, seseorang berjuang dengan penuh komitmen. Memiliki komitmen dan harapan adalah modal awal untuk sukses.

*) Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup, alumnus Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang dan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. linktr.ee/pakolescom #pakoles.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini