25 Tahun Bokashi Di Indonesia, Didaftarkan Sebagai Merek Terkenal

0
28
Direktur Utama PT Karya Pak Oles Tokcer Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr. menunjukkan replika Minyak Bokashi

Oleh: Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr *)

Bokashi berasal dari Bahasa Jepang, yang berarti fermentasi bahan organik dengan Teknologi EM (Effective Microorganisms).  Teknologi EM adalah teknologi fermentasi dengan menggunakan mikroorganisme efektif, dari mikroorganisme ragi, laktobacilus dan bakteri fotosintetik, yang ditemukan oleh Prof. Dr. Teruo Higa dari University of The Ryukyus, Jepang.  Kata Bokashi digunakan untuk pupuk organik yang difermentasi dengan Teknologi EM sejak 1980.  Selanjutnya, bahan organik berupa tanaman rempah/ obat yang difermentasi dengan Teknologi EM juga disebut dengan Bokashi.

Minyak Oles Bokashi merupakan hasil pengembangan dari produk Lengis Arak Nyuh yang pertama kali diproduksi untuk kalangan keluarga dan masyarakat oleh Dadong Bandung di Desa Bengkel, Busung Biu, Buleleng, sejak 1900.  Lengis Arak Nyuh yang diproduksi secara sederhana tersebut ditingkatkan kualitas bahan bakunya, manajemen produksi  dan teknologi pembuatannya dengan Teknologi EM, sehingga mampu menghasilkan produk berkualitas,  serta bisa dikembangkan dalam skala industri. Selanjutnya Minyak Oles Bokashi diproduksi oleh PT. Karya Pak Oles Tokcer sejak 1997 dan dipasarkan ke seluruh Indonesia.

Minyak Oles Bokashi berkembang secara bertahap dengan mengikuti regulasi/peraturan Departemen Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan sampai menjadi produk yang terbesar di Bali. Seiring dengan berkembangnya pariwisata di Bali, teknologi internet dan media sosial, Minyak Oles Bokashi menjadi semakin dikenal dan terkenal oleh masyarakat di Indonesia dan juga di manca negara.  Beberapa kali produk Minyak Oles Bokashi melakukan penggantian kemasan dalam disain botol dan kotak pengemas agar menjadi lebih menarik. Penggantian kemasan tersebut dilakukan melalui lomba disain yang diikuti oleh masyarakat seni dan kreatif.  Bangkitnya generasi milenial dalam berinteraksi dan berkomunikasi melalui media sosial, Minyak Oles Bokashi semakin aktif dikomunikasikan melalui media sosial oleh tim kreatif, tim pemasaran digital dan tim media sosial, sehingga Minyak Oles Bokashi bisa menembus pasar milenial.  Gerakan pemasaran dan pengenalan produk tersebut diberikan slogan pemasaran: “Minyak Bokashi Menembus Milenial.”

Produk Minyak Bokashi didaftarkan ke dalam dua pendaftaran, yaitu sebagai cairan obat luar dan cairan obat dalam. Minyak OLes Bokashi untuk cairan obat luar didaftarkan sebagai produk minyak herbal (jamu) dengan kode POM TR 122662321 di Badan Pengawas Obat dan makanan.  Sedangkan Minyak Tetes Bokashi  untuk cairan obat dalam didaftarkan sebagai produk minyak herbal (jamu) dengan kode POM TR 113628311. Seiring dengan pengembangan industri, produk Bokashi dikembangkan menjadi Madu Bokashi, Balsem Bokashi dan Bokashi Roll On. Ke lima jenis produk Bokashi tersebut mendapatkan respon pasar yang cukup tinggi dari masyarakat.  Nama Pak Oles sebagai penemu produk Bokashi juga menjadi cukup dikenal di Bali dan di Indonesia.

Untuk mendukung pemasaran ke luar negeri, merek Bokashi di daftarkan di beberapa negara.  Secara pelafalan nama, Bokashi lebih menjual di luar negeri daripada Pak Oles. Logo Bokashi didisain dengan gambar lingkaran-lingkaran berwarna hijau tua, dengan lingkaran besar di bagian tengahnya bertuliskan huruf  B di dalam gambar daun berlandaskan lempengan yang lebih besar berwarna keemasan. Lingkaran besar di bagian dalam dikelilingi oleh lingkaran-lingkaran yang lebih kecil seperti pusaran angin berwarna hijau gelap berjumlah delapan di bagian luarnya. Lingkaran bagian dalam yang lebih besar melambangkan bumi, matahari dan bulan yang memberikan energi kehidupan bagi Bokashi untuk Kesehatan, kecantikan dan kesejahteraan umat manusia. Energi untuk Bokashi juga dipancarkan oleh sumber energi lainnya dari ruang angkasa, makrokosmos, yang dilambangkan oleh delapan lingkaran kecil yang mengelilingi bumi, matahari dan bulan.

Logo adalah lambang yang menunjukkan produk. Logo diungkapan dengan gambar, nada, kata, atau huruf, sehingga dengan melihat, atau mendengarkannya, logo sudah berbicara banyak tentang suatu produk. Logo menjadi sangat penting artinya untuk mengembangkan produk dan bisnis. Dengan semakin terkenal dan dikenalnya nama Bokashi, logo dan merek Bokashi didaftarkan sebagai merek terkenal di beberapa negara. Dengan logo Bokashi, konsumen menjadi yakin akan kualitas produk Bokashi yang dibeli/digunakannya. Logo Bokashi juga dapat melindungi produk Bokashi yang beredar di pasar secara hukum, sehingga masyarakat mendapatkan perlindungan hukum dan kepastian keaslian produk.

*) Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup, alumnus Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang dan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. linktr.ee/pakolescom #pakoles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini