Kesehatan Ikan Meningkat Dengan EM4

0
25
EM4 Perikanan berguna untuk memfermentasi sisa pakan, kotoran di dasar kolam dan menguraikan gas-gas amoniak, metan dan hydrogen sulfida.

EM4 (Effective Microorganisms 4) perikanan bermanfaat untuk meningkatkan bakteri pengurai dari penumpukan bahan organik seperti sisa-sisa pakan, menekan pertumbuhan bakteri pathogen, dan meningkatkan kualitas mikroba yang menguntungkan tumbuh didasar kolam. Dengan meningkatnya kualitas air, maka kesehatan ikan akan meningkat.

“Aplikasi EM4 perikanan dapat dilakukan dari pengolahan tanah dasar tambak dan mencampur makanan dengan EM4 dengan tujuan makanan yang sudah difermentasi lebih mudah dicerna dan kualitas pakan meningkat. Sehingga pertumbuhan ikan bisa maksimal,” ujar Koenjoro Adijanto kepala Bokashi Farm-Pak Oles Green School.

Beberapa hal yang penting dilakukan dalam budidaya ikan adalah pengelolaan air, pemberian pakan dan pengendalian hama dan penyakit. Dengan pemberian EM Perikanan ikan akan terjaga dari penyakit, kualitas air tetap terjaga dan produksi ikan akan bertambah dengan hasil panen yang meningkat.

Pak Lan merupakan salah satu orang yang budidaya ikan Nila berlokasi di Desa Posong, Kecamatan Sawangan Magelang, Jawa Tengah. Dengan menerapkan EM perikanan dari PT Songgolangit Persada.

Menuru Pak Lan, ikan Nila yang dipeliharanya lebih cepat besar karena pemberian pakan pelet yang sebelumnya telah dibibis dengan Effektive Microorganisme 4 (EM4). Pakan ini rutin diberikan pada pagi hari, siang dan sore hari. “Pembibisan pelet sangat penting guna meningkatkan kualitas pakan sehingga ikan tumbuh menjadi lebih cepat dan sehat,” ujarnya. linktr.ee/pakolescom #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini