Agus Urson dan Istri Umroh Ke Tanah Suci

0
38
Haji Agus Urson (tengah) bersama istri Hajah Sifa (kiri) saat melaksanakan umroh ke tanah suci Mekkah.

Bapak Ir. Haji Agus Urson Hadi Pramono bersama istri Dr. Dra. Hajah Sifa, MPd melakukan umroh ke Tanah Suci Mekkah dan Medinah, Arab Saudi selama 17 hari, sejak keberangkatan 19 April- 5 Mei 2022.

Ibadah Umroh ke Tanah Suci Mekkah kali ini merupakan yang ketiga, setelah pertama tahun 2005 melaksanakan ibadah haji dan tahun 2015 kembali melakukan umroh bersama ketiga putra-putrinya yakni Frida Amalia Pramono, Parhan Abrol Pramono dan Pahmi Ajis Pramono.

Kegiatan ritual tersebut untuk menyempurnakan ke-Islam-an yang diawali dari niat. Kegiatan umroh yang boleh dilakukan sepanjang waktu berbeda dengan ibadah haji yang harus dilaksanakan pada waktu tertentu. Untuk pelaksanaan kegiatan umroh biasanya diawali dengan kegiatan manasik umroh yang dilaksanakan di Jakarta.

Jamaah umroh umumnya berangkat dari Jakarta melalui Madinah, kota suci kedua tempat masjid Nabawi di mana Nabi Muhammad dimakamkan. Di Madinah selama tiga hari kemudian jamaah berangkat menuju Mekkah. Umroh mengucapkan niatnya itu dari Madinah yang terletak di Bir Ali tempat untuk mengucapkan niat melaksanakan ibadah umroh.

Menuju Mekah menyampaikan niatnya mengucapkan niatnya di Bir Ali, sholat di sana menggunakan busana khusus untuk pria disebut kain ihram, yakni kain putih yang tidak dijahit. Kain yang tidak berjahit itu mempunyai makna sesungguhnya kita akan kembali ke titik nol tidak membawa apa-apa, hanya kain kafan saja seperti saat meninggal.

Ketika seseorang menggunakan kain ihram berlaku ketentuan, yakni tidak boleh berkata kotor, pikiran selalu jernih (bersih), tidak boleh ada nafsu seks, tidak boleh membunuh bintang, tidak boleh memotong bagian anggota badan dan tidak menggunakan aroma wangi-wangian atau harum-haruman.

Haji Agus Urson Hadi Promono, Direktur PT Karya Pak Oles Tokcer bersama istri yang sehari-hari adalah staf pegawai Diklat Keagamaan Denpasar, Kementerian Agama RI dan juga dosen tidak tetap pada Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar, adalah bagian dari sekitar 600 penumpang pesawat Garuda Indonesia dalam penerbangan dari Jakarta menuju Saudi Arabia yang ditempuh selama waktu 9-10 jam.

Meskipun selama dua minggu aktivitasnya sangat padat, tidur hanya rata-rata 2-3 jam per hari “Syukur saya dan istri tetap sehat dan semua aktivitas dapat berjalan lancar dan kembali ke Tanah Air dalam keadaan sehat, Semoga mendapatkan Umroh yang makbul”, ujar Pak Agus Urson.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini