EM4 Efektif Melawan Virus

0
22
Pembibitan sapi kelompok ternak Satya Winangun di Kabupaten Klungkung menggunakan produk EM4 untuk merawat ternak sapi dan sanitasi kandang.

Prof Teruo Higa mengungkapkan Effective Microorganisms (EM) sangat efektif untuk melawan virus termasuk penyakit mulut dan kuku yang menyerang ternak piaraan, virus “white spot” pada udang, virus “yellow head- YHV” yang biasa menyerang udang black tiger (Penaeus monodon).

“Kemampuan bakteri EM untuk memperkuat kekebalan atau imun tubuh hewan. Upaya yang dilakukan guna menjaga kebersihan ternak dan kandang, mengatasi bau dan menjaga kelembaban kandang,” kata Manager Pak Oles Green School (POGS), Ir. Koenjoro Adijanto.

Teknologi EM yang ditermukan Guru Besar Bidang Hortikultura Universitas Ryukyus Okinawa, Jepang, Prof Teuo Higa adalah teknologi yang mudah, murah, hemat dan berkelanjutan Teknologi tersebut ditemukan oleh orang ilmiah dengan jangka waktu penelitian selama 12 tahun. Merupakan hasil dari tulisan tesis disertasi karya ilmiah.

Koenjoro Adijanto yang akrab disapa Yoyok itu menjelaskan, penerapan EM4 Peternakan dilakukan dengan cara menyemprotkan EM4 pada seluruh kandang dan lingkungannya. EM4 dicampurkan pada pakan ternak, sehingga EM bokashi yang tersebar di lantai kandang akan tetap higienis.

Bau kotoran ternak sapi dapat ditekan dengan cara memberikan minum yang dicampur dengan EM, sehingga ternak menjadi sehat, rakus makan dan pertumbuhannya lebih cepat. EM4 pelopor peternakan organik di Indonesia. linktr.ee/pakolescom #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini