Pupuk Bokashi Kotaku Untuk Kesehatan Dan Lingkungan

0
16
Seorang pekerja sedang menjahit karung kemasan pupuk organik Bokashi Kotaku

Pupuk organik padat Bokashi Kotaku, produksi PT Songgolangit Persada (SLP) unit pabrik Bantas, Selemadeg Timur Kabupaten Tabanan untuk kesehatan dan lingkungan yang lebih baik , karena pupuk ramah lingkungan itu diproses dengan teknologi Effective Microorganisms (EM) dari Jepang.

“Pupuk merupakan sebuah material yang ditambahkan pada media tanam atau tanaman untuk mencukupi kebutuhan hara dan mineral yang diperlukan tanaman, sehingga tanaman dapat tumbuh dengan subur dan berproduksi maksimal,” kata Supervisor Pupuk Bokashi Kotaku dan Tanah Subur Pabrik Bantas tersebut, Kadek Wirawan yang akrab disapa Kadek Budi.

Ia menjelaskan, pupuk organik dipercaya lebih menyehatkan tanah dan ramah lingkungan serta dapat memperbaiki struktur tanah dengan menyediakan ruang pada tanah untuk udara dan air. Pupuk organik dapat mengurangi erosi pada permukaan tanah, berfungsi sebagai penutup tanah dan memperkuat struktur tanah dibagian permukaan sehingga tanah tidak mudah tergerus air.

Sementara pupuk kimia menyediakan unsur hara yang diperlukan tanaman untuk membantu mencegah terjadinya kehilangan unsur hara, tapi sifatnya sangat mudah hilang karena penguapan. Pupuk kimia lebih cenderung dapat langsung diserap oleh tanaman.
Penggunaan pupuk kimia secara terus menerus dapat mengakibatkan menurunnya kesuburan tanah. Hal itu terjadi karena penurunan sifat fisik, kimia dan bilogi tanah.

Pupuk Bokashi Kotaku selama ini telah dimanfaatkan ribuan pelanggan dan konsumen dari berbagai kalangan mulai dari petani, pengusaha agrobisnis, hotel, vila, penghobi, dan rumah tangga, khususnya tanaman dalam pot.

Keragaman bahan baku, proses fermentasi dan penerapan teknologi yang andal menjadikan pupuk Bokashi Kotaku berkualitas tinggi serta diperkaya dengan jamur trichordema harzianum yang berfungsi sebagai pengendali hayati penyakit jamur akar putih (JPA) yang menyerang akar dan daun tanaman keras. linktr.ee/pakolescom #EM4 #bokashikotaku

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini