EM4 Perikanan Tingkatkan Kualitas Air dan Daya Tubuh Ikan

0
16
EM4 Perikanan berguna untuk memfermentasi sisa pakan, kotoran di dasar kolam dan menguraikan gas-gas amoniak, metan dan hydrogen sulfida.

Effective Microorganisms 4 (EM4) Perikanan dan Tambak salah satu dari empat jernis pupuk hayati produksi PT Songgolangit Persada mempunyai manfaat untuk meningkatkan kualiutas air, sehingga semua jenis biota yang berguna dalam air tumbuh dengan baik.

“EM4 perikanan & tambak berguna untuk memfermentasi sisa pakan, kotoran, cangkang udang di dasar kolam dan menguraikan gas-gas amoniak, metan dan hydrogen sulfida,” kata Staf Ahli PT Songgolangit Persada, Ir. I Gusti Ketut Riksa.

Ia mengatakan, EM 4 perikanan mengandung kultur microorganisme yang menguntungkan, yakni berfungsi untuk meningkatkan bakteri pengurai bahan organik dan menahan pertumbuhan bakteri pathogen.

Selain itu juga dapat mengurai gas-gas amoniak, metan dan hydrogen sulfida, meningkatkan oksigen terlarut (DO) dan air menjadi bersih sehingga tidak memerlukan penggantian air secara berulang-ulang.

Dengan menuangkan EM4 perikanan ke dalam tambak atau kolam dapat meningkatkan daya tubuh ikan sehingga mengurangi pemakaian antibiotik, meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi ikan dan udang, mengurangi pemakaian bahan kimia serta menekan biaya produksi.

Gusti Ketut Riksa menjelaskan cara pemakaian EM4 perikanan pada pengolahan tanah dasar tambak, setelah tanah dikeringkan dan dicangkul atau dibajak, rendam dengan air sedalam 20 sentimeter kemudian siram dengan dengan EM4 sebanyak 6 liter per hektar. Biarkan selama 4-7 hari dan keringkan kembali selama 4 hari.

Tanah dikapur sebanyak 300 kg/hektar dan pupuk dengan pupuk Bokashi 1-5 ton per hektar. Lalu isi air dengan ketinggian 20 em lalu siram dengan EM4 sebanyak 6 liter/hektar biarkan selama 1 minggu. Lalu tambahkan air hingga mencapai ketinggian 60-80 cm, kemudian disiram lagi dengan EM4 sebanyak 6-8 liter perhektar. Biarkan selama satu minggu hingga menjelang penyebaran benih.

Setelah benih berumur satu bulan, siramkan EM4 sebanyak 1-3 ppm/minggu/hektar atau pada saat penggantian air atau sesuai dengan kondisi air. linktr.ee/pakolescom #songgolangitpersada #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini