Pak Oles: Kesehatan Anugrah Yang Tidak Ternilai Harganya

0
11
Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup

Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr menilai, kesehatan yang prima merupakan anugrah yang tidak ternilai harganya dan kesehatan itu harus dapat terpelihara dengan baik melalui aktivitas olahraga, pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang sehat.

“Orang yang mencintai tubuhnya, mencintai pikirannya selalu menyebarkan cinta kasih kepada orang lain sehingga dia mendapatkan suatu kebahagiaan,” kata Gede Ngurah Wididana yang akrab disapa Pak Oles yang juga alumnus Program Pasca Sarjana Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar ketika membahas secara tuntas tujuan hidup mencapai kebahagiaan.

Ia mengatakan, selain melakukkan kegiatan olah raga secara berkesinambungan juga melakukan olah rasa yakni terus menebarkan cinta kasih dalam dirinya sendiri maupun  kepada orang lain.

Demikian juga menanamkan hal-hal untuk kebaikan, memikirkan kebaikan dan cinta kasih sehingga masyarakat lingkungan serta masyarakat luas menjadi sehat dan bahagia, serta  dirinya sendiri juga menikmati dan merasakan kebahagiaan.

Pak Oles menjelaskan, juga melakukan olah pikir yakni seseorang harus tetap fokus, tenang yang disebut pikiran dalam kondisi stabil atau Stitapradnya yakni tenang menghadapi berbagai masalah dalam suka duka lara pati.

Hal itu dilakukan dengan tenang, tetap bersyukur fokus pada tujuan-tujuan hidup untuk mewujudkan kebahagiaan dalam diri sendiri maupun orang lain.

Demikian pula seseorang harus melakukan olah nafas yakni bagaimana orang tersebut memiliki kesadaran akan keluar masuknya nafas, masuk dan keluar tetap menyebutkan kesatu menyebutkan namostute.

Saat itulah kesadaran yang muncul bahwa dirinya itu adalah bagian dari alam semesta dan tidak ada gunakan melakukan hal-hal di luar nalar, namun harus terus menerus menebarkan cinta kasih dan kasih sayang, terus dia dalam olah nafasnmya menghaturkan doa gayatri mantram.

Dengan menyucikan batin sehingga tumbuh dalam pikiran nafasnya terus mengingat nama-nama Tuhan dalam menyebarkan cinta kasih. Saat sikap tubuhnya tegap, nafas dan pikirannya fokus itulah badannya menjadi sehat, nafasnya tenang seimbang dan perlahan banyak menghirup oksigen.

Pikirannya kemudian menjadi tenang, nafasnya juga bagus sehingga mendapatkan suatu kesehatan pikiran lahir dan batin. Demikian juga saat dia tidur atau terjaga dalam kesadaran dia melakukan yoga ditra atau yoga tidur nafasnya teratur, tenang sehingga  mendapatkan kesehatan yang sangat bagus.

Tubuh secara fisik dan raga mendapatkan kesehatan, di sanalah nilai suatu kebahagiaan mendapatkan kesehatan, ketenangan jiwa dan pikirannya tetap fokus dalam nama Om, ujar Pak Oles.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini