EM Tanggulangi Penyakit Mulut dan Kuku Pada Hewan

0
15
Bapak Nyoman Suandi sedang memberi minum ternak sapi dengan air yang telah dicampur dengan EM4 peternakan.

Manager Pak Oles Green School (POGS), Ir. Koenjoro Adijanto menjelaskan, dalam tulisan chapter #36 EM Countermeasures Against Foot-and-Mouth Disease. Prof Higa menuliskan Effective Microorganisms (EM) efektif melawan virus pada makhluk hidup termasuk penyakit mulut dan kuku pada hewan yang disebabkan oleh virus. EM memiliki efek anti virus dan memperkuat kekebalan pada hewan ternak.

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dikenal juga sebagai Foot and Mouth Disease (FMD) jenis penyakit ini disebabkan dari virus tipe A dari keluarga Picornaviridae, genus Apthovirus yakni Aphtaee epizootecae.

Pria enerjik ini mengungkapkan, salah satu upaya penanggulangan adalah dengan memberi minum EM pada ternak, sekaligus dengan cara memandikan ternak menggunakan campuran EM serta disemptotkan EM pada kandang. Sehingga mempercepat terjadi dekomposisi dan menekan polusi sekunder. Hal ini akan memberikan kontribusi terhadap kondisi lingkungan yang bersih dan lestari.

“Penggunaan EM diharapkan dapat mengatasi masalah kesehatan pada ternak dan mengatasi bau pada kotoran hewan. Hal ini menjadi solusi yang baik,” ujarnya. Pria yang akrab disapa Yoyok itu menambahkan, perlakuan EM pada ternak sapi telah dilakukan di Pak Oles Gren School yang berlokasi di Jalan Waribang, Kesiman, Denpasar Timur.

“Ada 5 ekor ternak sapi yang dipelihara di POGS dirawat dengan produk EM4 baik untuk campuran minum, memandikan sapi juga membersihkan kandang mengunakan produk dari PT Songgolangit Persada. Hasilnya pertumbuhan sapi sehat dan juga lingkungan sekitar terjaga karena tidak menimbulkan bau yang tidak sedap dan bebas lalat,” imbuhnya. linktr.ee/pakolescom #songgolangitpersada #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini