Teknologi EM Perbaiki Kualitas Tanah Pertanian

0
16
Ir. I Gusti Ketut Riksa menunjukkan produk EM4 untuk pertanian.

Tanah pertanian di setiap lokasi sangat variatif menyangkut kandungan nutrisi dan karakteristiknya. Ada tanah yang asam, alkalis, berstruktur liat atau berpasir sehingga untuk menanam berbagai jenis tumbuhan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia memerlukan banyak air atau sebaliknya ada tanah yang justru sulit dikeringkan.

“Effective Microorganisms 4 (EM4) pupuk hayati Produksi PT Songgolangit Persada yang satu-satunya di Indonesia mendapat lisensi dari EM Research Organization (EMRO) Jepang secara bertahap dapat merubah karakter lahan itu menuju kearah yang seimbang,” kata Staf Ahli PT Songgolangit Persada Ir. I Gusti Ketut Riksa.

Ia mengatakan, berkat sentuhan teknologi EM hasil temuan Prof. Dr. Teruo Higa, guru besar bidang hortikultura Universitas Ryukyus Okinawa, Jepang, tanah pertanian yang asam dapat dirubah menjadi neutral yang alkalis.

Selain itu juga bisa merubah tanah pertanian yang asam menuju neutral atau merubah tanah-tanah pertanian yang tidak seimbang (tidak balance) ditransfer menjadi tanah-tanah yang baik dan subur untuk pertanian.

Proses perbaikan tanah itu sulit dibayangkan, ditambah lagi ilmu pengetahuan belum mampu untuk menjelasannya. Percobaan-percobaan lapang yang ditemukan Prof. Teruo Higa menunjukkan hal itulah yang diperolehnya.

“Rusaknya keseimbangan alam salah satu jalan keluarnya yakni penerapan teknologi EM untuk semua aspek kehidupan. PT Songgolangit Persada untuk Indonesia memproduksi EM4 pertanian, EM peternakan, EM perikanan dan EM mengatasi limbah (pencemaran), ujar Gusti Ketut Riksa. linktr.ee/pakolescom #songgolangitpersada #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini