Pak Oles: Pemimpin Bekerja Beri Contoh Baik

0
17
Gede Ngurah Wididana (kiri depan) saat melakukan aksi bersih pantai di Mertasari Sanur bersama karyawan belum lama ini.

Pemimpin yang paling baik adalah pemimpin yang memberikan contoh (Jerry MC Clain)
Pemimpin adalah dia yang bekerja dengan memberikan contoh. Apa yang dikerjakan oleh pemimpin, apakah baik/buruk, bersungguh-sungguh/asal-asalan, akan dicontoh oleh pengikutnya.

“Pemimpin ibarat bintang di langit yang bisa menjadi patokan oleh pelaut untuk mencapai tujuan,” kata Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr yang akrab disapa Pak Oles.

Sosok pria enerjik kelahiran Bengkel, Busungbiu, Kabupaten Buleleng itu menjelaskan, Bintang di langit (bintang timur, bintang barat, bintang utara, bintang selatan) ibarat pemimpin yang selalu dilihat oleh pelaut untuk diikuti agar pelaut tidak tersesat.
Pemimpin memberi contoh selalu diikuti oleh pengikutnya sesuai contoh/karya nyata yang dilakukannya. Pemimpin harus memberi contoh yang baik, apa yang dikerjakan harus sesuai dengan apa yang diperintahkan.

Demikian pula wacana dengan laksana harus selaras, sehingga pemimpin bisa diteladani dengan baik. Dengan memberi contoh, pemimpin tidak perlu banyak bicara, banyak instruksi atau banyak perintah, karena memimpin dengan memberi contoh sudah berbicara banyak.

Pemimpin yang bekerja dengan serius, tekun, tulus adalah pemimpin yang memberi contoh. Dengan contoh yang baik pengikut akan mengikuti pemimpinnya berbuat baik. Dengan contoh yang buruk, pengikut akan mengikuti pemimpinnya berbuat buruk, kata Pak Oles. linktr.ee/pakolescom #pakoles.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini