Pentingnya Pendegelasian Dalam Manajemen Kepemimpinan

0
21
Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr Direktur Utama PT. Karya Pak Oles Grup

Direktur Utama PT Karya Pak Oles Group, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr menilai, pendelegasian dalam manajemen kepemimpinan sangat penting, kerena pemimpin itu ibarat orang yang berpikir harus memiliki banyak tangan untuk menggarap pekerjaan dengan baik, sehingga melimpahkan wewenang itu merupakan solusi yang tepat dan terbaik.

“Pemimpin harus mempunyai banyak wakil yang dapat melaksanakan pendelegasian dan mempresentasikan tugas yang dilimpahkan pemimpin, sehingga banyak pekerjaan dapat dikerjakan dengan baik dan tuntas,” kata Gede Ngurah Wididana yang akrab disapa Pak Oles.

Sososk pria enerjik kelahiran Desa Bengkel, Busungbiu, Kabupaten Buleleng itu menegaskan, pemimpin yang mendelegasikan kewenangannya itu, bukan berarti ia tidak mau bekerja atau tidak suka terhadap pekerjaan tersebut, tetapi pemimpin harus memiliki banyak tangan untuk menggarap proyek yang lebih besar.

“Pendelegasian kewenangan pimpinan kepada wakil atau orang yang telah dilatih yang telah ditunjuk untuk mencapai tujuan, dengan melibatkan banyak tangan dan koordinasi yang bagus,” ujar Pak Oles, alumnus Faculty Agriculture University ot The Ryukyus Okinawa, Jepang.

Jika semua itu dikerjakan sendiri oleh pemimpin, maka ia akan menjadi cepat stres, atau kepemimpin dalam keseharian yang disebut kepemimpinan manajemen dagang sate, yang semuanya ia kerjakan sendiri, mulai membeli bahan rempah-rempah, ternak kambing, kemudian memotong dan pengolahan. Demikian pula membakar sate, menyajikan dan menerima uangnya juga dilakukan sendiri.

Pemimpin dalam organisasi atau perusahaan yang melakukan hal itu sendiri, berarti banyak pekerjaan yang terbengkalai dan semakin hari menjadi stres. Oleh sebab itu seorang pemimpin organisasi atau perusahaan harus memiliki banyak wakil yang telah terlatih untuk mampu melaksanakan pelimpahan kewenangan dari pimpinan dalam mewujudkan keberhasilan yang ingin dicapai, ujar Pak Oles. linktr.ee/pakolescom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini