Bokashi Kotaku Sukseskan Proyek Kementerian Pertanian di Bali

0
35
Sejumlah pekerja sedang mengemas Pupuk Organik Bokashi Kotaku di Desa Bantas, Selemadeg Timur, Tabanan.

Oleh: Putu Wirnata
Pupuk organik Bokashi Kotaku yang terbukti ampuh mengatasi jamur akar putih (JAP) yang menyerang tanaman cengkeh di Kabupaten Buleleng,kini diarahkan untuk menyukseskan tanaman hortikultura proyek Kementerian Pertanian yang tersebar di sejumlah kabupaten di Bali.
Pupuk organik dari limbah pertanian, kotoran sapi dan ayam itu diproses menggunakan teknologi Effective Microorganisms (EM) oleh PT Songgolangit Persada yang merupakan satu-satunya di Indonesia mendapat lisensi EMRO Jepang.
Proses produksi berpatokan pada Peraturan Menteri Pertanian RI (Permentan) dan Standar Operating Procedure (SOP), namun khusus untuk tanaman hortikultura proyek Kementerian Pertanian yang ada di Bali, pembuatannya ditambah lagi dengan menggunakan stater tricoderma.
Kepala Seksi Produksi Sarana Pengendalian Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Perlindungan Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (UPTD BPTPH Bun) Dinas Pertanian Provinsi Bali Putu Wisnawa bersama Kadek Wirawan, supervisor Pupuk Bokashi Kotaku dan Tanah Subur Pak Oles Pabrik Bantas telah melakukan contoh pencampuran tricoderma dalam proses produksi pupuk Bokashi Kotaku sesuai standar di Pabrik yang berjarak sekitar 35 km barat Kota Denpasar.
Putu Wisnawa menjelaskan, pupuk organik Bokashi Kotaku yang proses produksinya menggunakan setarter tricoderma memiliki keistimewaan ke depannya diharapkan dapat diterapkan dengan baik oleh petani setempat, karena mampu menggantikan obat-obat kimia, sekaligus mendukung Bali menjadi pulau organik.
Selain itu mampu menjamin kualitas produk di pasaran sehat dan ramah lingkungan. Bali sebagai daerah tujuan wisata utama di Indonesia pertanian organik mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis, disamping meningkatkan derajat dan kesehatan masyarakat.
Penerapan pertanian organik juga diharapkan mampu mengendalikan pencemaran lingkungan akibat penggunaan bahan kimia, sekaligus menuju Bali yang green dan bebas pencemaran. Bali sebagai daerah tujuan wisata internasional sudah seharusnya sejak dini meninggalkan produksi pertanian yang merusak serta mencermari tanah dan merusak kesehatan.
Budidaya pertanian organik di Bali sebenarnya sudah ada sejak dulu kala sehingga sistem pertanian organik dipandang layak sebagai alternatif untuk menggantikan sistem pertanian konvensional yang sedang berlangsung saat ini.
Sementara itu Kadek Wirawan memberikan apresiasi dan menyambut baik keparcayaan yang diberikan UPTD BPTPH BUN Dinas Pertanian Provinsi Bali untuk memproduksi pupuk organik Bokashi Kotaku yang mengandung tricoderma. Tricoderma sangat bagus diterapkan pada tanaman hortikultura sebagai upaya menekan jamur akar menghindari kegagalan panen.
Dengan menerapkan pupuk Bokasi Kotaku pada tanaman hortikultura diharapkan nantinya pertumbuhan tanaman menjadi lebih bagus, karena jamur akar tidak berkembang pada tanaman dan hasil diperoleh menjadi lebih meningkat dengan mutu yang lebih bagus.
Pupuk ramah lingkungan dengan kandungan makro dan mikro yang lengkap, serta mengandung mikroba alami yang sangat bermanfaat untuk kesuburan tanah, cocok untuk semua jenis tanaman perkebunan, pertanian dan hortikultura.
Keunggulan dan manfaat pupuk organik Bokashi Kotaku untuk meningkatkan keragaman populasi dan aktivitas mikroorganisme tanah yang menguntungkan, mengandung unsur hara makro dan mikro, menekan perkembangan pathogen dan meningkatkan kualitas tanah. Tanah yang berkualitas (sehat dan subur) akan menghasilkan tanaman yang berkualitas pula.
Penggunaan pupuk organik Bokashi Kotaku dalam jangka panjang juga akan mempermudah dalam pengolahan tanah dan mengurangi kepadatan tanah karena mikroorganisme di dalam tanah kembali hidup sehingga tanah menjadi gembur. Tanah yang gembur memudahkan air untuk meresap ke dalam tanah sehingga kebutuhan air dalam tanah akan terjaga.
Pada saat air melimpah pada musim hujan air akan lebih mudah terserap oleh tanah sehingga pada saat musim kemarau air di dalam tanah tetap tercukupi. Dengan demikian tanaman menjadi subur. EM4 dan Bokashi Kotaku Pelopor Pertanian Organik. linktr.ee/pakolescom #songgolangitpersada #bokashikotaku

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini