Tujuan

0
20
Kadek Brahma Shiro Wididana SE, MM. Staf Ahli Pemasaran PT Karya Pak Oles Tokcer.

Oleh: Kadek Brahma Shiro Wididana, SE., MM. *)
Tujuan itu adalah hal pokok yang harus dimiliki oleh setiap orang, setiap organisasi atau lembaga. Tujuan adalah hal yang harus dicapai dari suatu aktivitas kegiatan. Tujuan terbagi menjadi dua bagian yaitu jangka pendek dan jangka Panjang.

Semakin cepat anda mencapai tujuan berarti semakin bagus dan semakin efektif. Tentu saja anda akan semakin sukses, karena anda telah begitu jelas melihat peta kehidupan anda sendiri.

Banyak orang yang hidup dan bekerja tanpa tujuan. Mereka hidupnya penuh keragu – raguan, was – was, dan takut. Jika mereka hidup ibarat bebek, selalu mengikuti kemana banyak orang yang menuju, apa yang banyak orang kerjakan.

Tujuan akan semakin jelas dan tegas jika kita mempunyai keseimbangan baik itu seimbang secara lahir batin, material maupun seimbang secara spiritual. Keseimbangan didapat dari proses pembelajaran formal (di sekolah) dan informal (di luar sekolah).

Proses belajar formal disesuaikan dengan kebutuhan dan kepentingan tujuan. Tidak perlu tinggi dan lama. Proses belajar informal adalah proses belajar secara terus menerus, belajar dari kehidupan, belajar dari pekerjaan yang digeluti karena pekerjaan itu ada di luar sekolah formal.

Keseimbangan didapat dari kesehatan, keharmonisan hubungan di dalam keluarga dan masyarakat sosial. Semakin sehat dan harmonis, maka kita semakin seimbang. Keseimbangan juga didapat dari pemahaman kekuatan alam dan kebesaran sang pencipta. kebesarasan sang pencipta berarti kekuasaan Tuhan yang maha pemurah dan pengasih. Tanpa –nya kita tidak akan ada artinya.

Segala hasil kerja harus diserahkannya, hanya usaha dan jerih payah yang sungguh – sungguhlah yang dilakukan. Tentu hal ini akan memberikan hasil yang baik.
Keseimbangan juga didapat dari olah raga batin yaitu suatu perenungan pada diri sendiri untuk memahami potensi diri, dan lingkungan pendukung sehingga kita mampu lebih jelas melihat tujuan kita sendiri.

Tujuan itu sangat penting artinya. Hanya orang yang seimbanglah yang mempunyai tujuan yang jelas dan tegas. Tujuan yang dicapai oleh orang yang seimbang akan segera terwujud dengan keyakinan dan keberanian.
*) Staf Ahli Pemasaran PT Karya Pak Oles Tokcer

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini