EM Tingkatkan Produksi Tanaman

0
17
Koentjoro Adijanto menunjukkan EM4.

Oleh: Ir. Koentjoro Adijanto *)

Effective Microorganisms (EM) pertanian memfermentasi dan mendekomposisi bahan organik tanah dengan cepat (bokashi). Pemberian pupuk bokashi pada tanah selain bermanfaat untuk menyehatkan tanah juga memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah.

Selain itu juga mampu menyediakan unsur hara makro dan mikro yang dibutuhkan tanaman, serta meningkatkan keragaman mikroba yang menguntungkan di dalam tanah.Bakteri tersebut melakukan aktivitas sebagai dekomposer, bakteri memakan material tanaman yang telah mati serta sampah organik. Di sinilah peran jenis bakteri tertentu yang mampu menyerap nitrogen dari atmosfer. Ketika bakteri tersebut mati, nitrogen akan dilepaskan untuk diserap oleh tanaman.

Tanah yang sehat dan subur biasanya dipenuhi oleh mikroorganisme yang berjumlah ratusan juta hingga miliaran dalam satu gram tanah. Jumlah ini didominasi oleh bakteri, lalu diikuti actinomycetes, jamur, algae tanah, dan protozoa.
Mikroorganisme di tanah memiliki peran penting dalam mekanisme keberlanjutan untuk hidup manusia dan kehidupan bumi secara keseluruhan. Dengan demikian pentingnya tanah yang sehat untuk pertanian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. EM Pelopor Pertanian Organik.

*) Manajer Pak Oles Green School linktr.ee/pakolescom #EM4 #songgolangitpersada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini