Dari Vila IPSA Saksikan Panorama Alami Dan Hidup Sehat

0
38
Sejumlah wisatawan mancanegara saat berkunjung ke vila IPSA sambil melihat pemandangan hijau dan sejuk.

Tanah berundang-undang seolah-olah menyatu dengan lereng bukit, dari kejauhan itu tampak menghijau dan lestari. Pepohonan bernilai ekonomis seperti kebun kopi, kelapa dan cengkeh merupakan sumber penghidupan masyarakat Desa Bengkel, Busungbiu, Kabupaten Buleleng.

Di sela-sela tanaman bernilai ekonomi yang menjadi sumber kehidupan masyarakat setempat, juga dikembangkan kebun tanaman herbal organik yang berkhasiat obat untuk bahan baku Minyak Oles Bokashi, minyak herbal asal Pulau Dewata yang mempunyai multi khasiat.

Kebun tanaman herbal tersebut seluas 6-7 hektar yang mempunyai koleksi 315 jenis tanaman obat, yang dirintis tahun 1995, atau 27 tahun yang silam, awalnya hanya mengoleksi 20 jenis tanaman, berkembang menjadi 108 jenis pada tahun 1997 dan tahun 2000 menjadi 315 jenis tanaman.

Direktur Utama PT Karya Pak Oles Group, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr yang merintis berdirinya Institut Pengembangan Sumber Daya Alam (IPSA) Bali mengajak masyrakat Bali maupun wisatawan nusantara dan mancara untuk berkunjung ke Desa Bengkel, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng.

“Kalau ada waktu silahkan berkunjung ke IPSA Bengkel sambil jalan-jalan menyusuri kebun, sawah dan pemukiman dengan lingkungan yang asri, maupun mengikuti yoga dan mandi di kolam renang,” ujar Pak Oles.

Vila IPSA yang berkapasitas 16 kamar itu baru saja selesai direnovasi untuk membenahi serta menata kebun bunga dan lingkungan sekitarnya dengan harapan mampu memberikan kesejukan dan keheningan. Taman bunga, herbal dan sayur menjadi lebih indah setelah ditata dan dirawat. Perawatan taman bunga dan kebun tersebut menggunakan pupuk Bokashi dari kotoran sapi, serbuk gergaji kayu dan sekam padi yang difermentasi dengan Effective Microorganisme (EM4) membuktikan hasil nyata, tanaman menjadi sangat subur dan indah.

Demikian pula tanaman herbal ditata menjadi tanaman hias tampil mempesona, dengan keindahan eksotisnya. Penataan taman sangat serasi dengan tata letak bangunan yang dirancang bangun (didisain) menyatu dengan alam sekitarnya. linktr.ee/pakolescom #EM4 #songgolangitpersada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini