Tanah Subur Pak Oles Tingkatkan Kesehatan Tanah

0
17

Oleh: Ir. Koentjoro Adijanto *)

Kandungan yang terdapat pada tanah subur Pak Oles, produksi pabrik pupuk organik PT. Songgolangit Persada di Desa Bantas, Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan mengandung bahan organik yang subur dan juga terdapat mikroorganisme yang menguntungkan yaitu Effective Microorganisms 4 (EM4).
EM4 mampu meningkatkan keragaman mikroorganisme tanah yang sehat, sehingga tercapai keseimbangan komunitas mikroorganisme di dalamnya. Misalnya, ketika keseimbangan mikroorganisme di dalam tanah terganggu, tanah akan menjadi miskin dan tanaman tidak akan tumbuh dengan baik.

Namun, jika mikroorganisme alami diaktifkan, kondisi tanah akan membaik. Ketika mikrobiologi tanah seimbang, tanaman akan sehat, sehingga lebih tahan terhadap kerusakan akibat penyakit atau serangga berbahaya.
EM4 mampu mengembalikan keseimbangan mikroorganisme yang sehat dalam ekosistem, sehingga dapat meningkatkan kesuburan tanah dan tanaman diatasnya. Tanah Subur Pak Oles merupakan media tanam, komposisinya terdiri atas tanah subur dan pupuk organik Bokashi Kotaku, sehingga sangat praktis sebagai media untuk menanam berbagai jenis tumbuhan dalam pot maupun polybag.

Tanah subur sangat baik untuk penanaman awal maupun mengganti tanah pada tanaman setiap 6 bulan sekali. Produk yang harganya sangat terjangkau itu tersedia di toko-toko pertanian, kios-kios umum dan konter-konter Pak oles.
Berkebun mengembangkan berbagai jenis tanamanan di media pot atau polybag juga dapat memanfaatkan pupuk organik Bokashi Kotaku yang dapat menjadikan tanaman tubuh subur dan segar. Kualitas pupuk yang digunakan sangat menentukan tingkat kesuburan tanaman.

Menekuni aktivitas berkebun di saat waktu luang dapat menghilangkan kejenuhan dan meningkatkan kesehatan sehingga tetap semangat dan bergairah menjalani kehidupan dalam kondisi ekonomi kurang menguntungkan ini.
Pilihan menggunakan Tanah Subur maupun pupuk Organik Bokashi Kotaku, produksi PT Songgolangit Persada (SLP) adalah tepat karena nama Bokashi yang dipopulerkan pertama kali di Jepang sebagai pupuk organik yang dibuat dengan cepat dan efektif dengan bantuan Effective Mikroorganisme(EM).

Teknologi Bokashi diambil dari istilah bahasa Jepang yang artinya “bahan organik yang telah difermentasikan” Jadi pupuk organik Bokashi Kotaku merupakan hasil fermentasi bahan organik yang diolah dengan menggunakan aktivator Effective Microorganisms 4 (EM4).

Manfaat menggunakan Pupuk Organik Bokashi Kotaku untuk menekan pathogen/penyakit, meningkatkan kegemburan tanah, mengandung hara makro dan mikro, meningkatkan efisiensi penggunaan pupuk anorganik, diperkaya dengan jamur Trichoderma pengendali hayati, meningkatkan produksi tanaman serta praktis dan aman bagi lingkungan.
*) Manajer Pak Oles Green School linktr.ee/pakolescom #EM4 #songgolangitpersada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini