Tugas Pemimpin Atau Swadharma (5)

0
10
Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr Direktur Utama PT. Karya Pak Oles Group

Direktur Utama PT Karya Pak Oles Group, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr menegaskan, pemimpin adalah orang yang menunjukkan arah, ke mana suatu organisasi, kelompok atau negara itu menuju, sehingga pemimpin itu memiliki tugas berat yang harus dia ketahui arah dan mengantarkan dalam mencapai tujuan organisasi.

“Pemimpin harus bisa membuat organisasi dan anggotanya menjadi lebih baik, damai, sejahtera, hidup berdampingan satu sama lainnya,” kata Gede Ngurah Wididana yang akrab disapa Pak Oles ketika membahas tugas pemimpin (Swadharma).
Ia mengatakan, setiap orang adalah pemimpin sebagai individu, kepala keluarga maupun kepala organisasi. Oleh sebab itu pemimpin memiliki sikap disiplin yakni sikap yang tegas, ketat tentang waktu sumber daya cara menggunakan energi dan tenaga yang efisien dan tepat sasaran.

Semua itu dilakukan secara terukur menyangkut pengunaan, pengeluaran dan pemasukan.
Disiplin menyangkut berbagai aspek itu harus dilatih melalui sikap, rajin, fokus dan teliti sehingg sikap disiplin itu tumbuh dari individu dan menular kepada kelompok individu, organisasi dan kepada negara.

Pemimpin memberikan contoh dalam segala hal sehingga mampu mengarahkan organisasi menjadi contoh sekaligus memiliki pengikuti yang juga disiplin seperti dirinya sendiri. Sebaliknya jika menjadi pemimpin yang tidak disiplin akan diikuti oleh organisasi atau kelompok organisasi yang tidak disiplin, ujar Pak Oles.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini