Peserta Seminar Nasional Minpro Vetholic, melakukan foto bersama disela-sela praktek pembuatan pakan ternak fermentasi dengan bantuan EM4.

Puluhan peserta Seminar Nasional Minpro Vetholic yang sebagian besar merupakan mahasiswa tersebut, berkesempatan mengikuti praktek membuat pakan permentasi ternak sapi menggunakan fermentor Effektive Microorganisme 4 (EM4).

Seminar yang mengusung tema “Maximizing the Growth of Bali Cattle by Exploring Organic Nutrition for Better Productivity” menghadirkan dua narasumber berpengalaman yaitu, Prof. Dr. drh. Ni Ketut Suwiti, M.Kes yang merupakan Guru Besar FKH Udayana Peneliti Sapi Bali. Dan I Ketut Darmawan, S.Pt, M.Si adalah Pakar Pakan Organik Sapi Bali.

Seminar Nasional yang diselenggarakan secara offline dan online berlangsung di Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BPTIP) Bali Jl. Bypass Ngurah Rai Jl. Pertanian No.1A, Pedungan, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Minggu (12/5).

Dalam kesempatan tersebut, Ketut Darmawan, sosok pria enerjik yang sukses melakukan pembibitan ternak Sapi Bali secara organik di Desa Tangkas, Kabupaten Klungkung, menularkan ilmu dan keterampilan kepada puluhan peserta Seminar Nasional Minpro Vetholic yang sangat serius ingin mengetahui terkait pakan fermentasi ternak sapi dengan sentuhan EM4 yang merupakan produk dari PT Songgolangit Persada (SLP).

Saat melakukan praktek pembuatan pakan fermentasi, Ketut Darmawan didampingi tim promosi PT SLP, Koenjoro Adijanto yang memperkenalkan produk SLP meliputi EM4 pertanian, EM4 peternakan, EM4 perikanan, EM4 pengolahan limbah dan Minyak Rajas produk ksusus untuk hewan peliharaan.

Ketut Darmawan yang menggeluti usaha pembibitan ternak sapi secara organik sejak tahun 2006, atau 18 tahun yang silam dengan menggunakan sentuhan Effective Microorganisme 4 (EM4) menjelaskan, secara terperinci terkait pembuatan pakan fermentasi yang sederhana namun memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk perkembangan ternak.

Sosok pria enerjik alumnus S-1 fakultas peternakan dan S-2 fakultas pertanian juga menjadi konsultan pengembangan peternakan sapi organik mengungkapkan, pemanfaatan EM4 pada peternakan sapi mampu menyeimbangkan mikroorganisme yang menguntungkan dalam beternak, memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan ternak.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini