Effective Microorganisms 4 (EM4) peternakan adalah salah satu dari empat jenis EM4 produksi PT Songgolangit Persada yang mempunyai manfaat untuk memperbaiki kesehatan ternak ayam, meningkatkan pertumbuhan berat badan dan mencegah bau tidak sedap di kandang dan lingkungannya.

“Penggunaan EM4 peternakan mempunyai fungsi ganda untuk usaha peternakan ayam yakni ayamnya sehat, cepat besar dan pekerja menjadi nyaman karena terhindar dari amonia atau bau kurang sedap di Kandang,” tutur Manajer Pak Oles Green School, Ir. Koentjoro Adijanto.

Ia mengatakan, salah satu masalah yang dihadapi dalam manajemen pemeliharaan ternak ayam adalah bau amonia yang mencemari lingkungan sekitar kandang.

Bau menyengat itu menjadi masalah terhadap kesehatan dan produktivitas ternak hingga mengganggu kenyamanan pekerja kandang. Gas NH3 dapat menurunkan penampilan ternak, meningkatkan kepekaan ternak terhadap penyakit serta menurunkan efisiensi kerja pekerja kandang.

EM4 peternakan mampu mengurangi pencemaran amonia, meningkatkan performa ayam dan mengurangi produksi amonia asal fases. EM4 adalah sebagai “feed additive” yakni suplemen pakan dari bakteri hidup yang memberikan keuntungan terhadap ternak dengan meningkatkan keseimbangan mikroflora dalam usus, karena mikroba yang menguntungkan dapat menekan mikroba patogen dan mendesaknya keluar dari saluran pencernaan.

Dengan demikian ternak ayam menjadi sehat dan memacu pertumbuhan ternak. Penelitian menunjukkan dengan pemberian probiotik EM4 maka retensi nitrogen dalam tubuh ternak ayam akan meningkat dan menyebabkan kandungan pada amonia akan menurun.

Penambahan EM4 memiliki peranan yang penting dalam menjaga kesehatan ternak dan meningkatkan efisiensi penyerapan zat makanan yang pada akhirnya dapat mengurangi produksi amonia yang berasal dari dekomposisi limbah nitrogen dalam ekskreta ayam.

EM4 peternakan mempunyai manfaat mencegah bau tidak sedap pada kandang dan tempat pembuangan kotoran, memperbaiki kesehatan ayam, memperbaiki mutu daging, mengurangi stres, memperbaiki kesuburan dan mengurangi jumlah kematian ternak ayam. EM pelopor probiotik peternakan Indonesia.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini